10 Tujuan Wisata Kuliner Jogja Yang Bisa Bikin Kamu Gendut



2022 – Kemarin malam mimin lagi laper berat gan, dan cari-cari makanan, karena lokasi ane ada di Bandar Lampung, ane lagi mau cari makanan yang berbeda, kebetulan ane liat tulisan angkringan Jogja, jujur aja setelah makan disana rada kecewa karena gak sesuai ekspektasi, jauh banget sama angkringan Jogja aslinya. Kepikiran kalau ane sudah lepas bokek mau wisata kuliner jogja, sebelum ane wisata kuliner jogja, ane mau share hasil dari browsing sana-sini dan nonton video youtube tentang wisata kuliner jogja.

Pikirannya jangan makan terus gan, ketawa dikit boleh lah

Wisata Kuliner Jogja Legendaris di Gudeg Yu Djum

Terletak di Yogyakarta, Gudeg Yu Djum adalah restoran populer yang terkenal dengan gudegnya. Mereka menyajikan sejumlah jenis gudeg yang berbeda, termasuk nasi gudeg yang terkenal. Sangat worth it sekali loh karena Gudeg Yu Djum ini termasuk tujuan wisata kuliner jogja yang legendaris.

Selain gudeg, mereka juga memiliki hidangan Indonesia lezat lainnya. Secara khusus, mereka memiliki gudeg yang enak. Para tamu mengatakan bahwa stafnya hebat, dan makanannya lezat.

Menunya sederhana. Mereka menawarkan beberapa jenis gudeg, serta ayam dan tahu goreng. Tetapi hidangan yang paling populer adalah gudeg. Restoran ini mengolah 200 kilogram nangka muda setiap hari. Mereka menggunakan nangka muda yang manis untuk membuat gudeg, kemudian dimasak dengan gula aren dan santan. Rasanya sangat manis. Biasanya disajikan dengan telur rebus dan nasi.

Mereka juga memiliki sejumlah lauk pauk, termasuk krecek dan opor ayam. Opor ayam adalah kari ayam yang disiram santan. Mereka juga memiliki sambel goreng krecek, yaitu kulit sapi renyah yang digoreng dengan kacang.

wisata kuliner jogja

Wisata Kuliner Jogja di Warung Bu Ageng

Di antara tempat terbaik untuk menyantap makanan di Jogja, Indonesia, adalah hidangan tradisional Jawa yang disebut Eyem Penggeng. Ayam panggang direndam dalam santan dan rempah-rempah dan disajikan dengan sambal mentah. Sangat cocok dengan nasi putih.

Tempat populer lainnya untuk makanan lokal di Yogyakarta adalah Warung Bu Ageng. Seniman ini memiliki harga yang terjangkau dan banyak pilihan makanan lokal. Warung ini populer untuk acara-acara lokal dan menawarkan tempat peristirahatan yang tenang dari panasnya kota. Warung ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mencicipi ayam goreng, ayam goreng yang populer di Yogyakarta.

Jika Agan mencari lebih banyak hidangan internasional, kunjungi Kotagede Restaurant. Restoran ini memiliki taman yang indah dan memiliki kolam ikan. Restoran ini juga memiliki bar.

Di malam hari, Jalan Malioboro berubah menjadi surga makanan wisata kuliner jogja. Agan dapat menikmati masakan lokal yang lezat seperti ayam goreng dan bakmi godog. Agan juga dapat mencicipi gudeg, yang merupakan kari nangka manis.

Wisata Kuliner Jogja di Mangut Lele mbah Marto

Di antara wisata kuliner jogja yang terkenal adalah Mangut Lele Mbah Marto. Makanan kaki lima yang terkenal ini adalah ikan lele asap yang direndam dalam rempah-rempah. Dimasak di atas tungku kayu bakar. Rasa ikan yang berasap berpadu dengan kuah santan yang kaya rasa.

Warung ini dimiliki oleh Mbah Martodiryo. Ia telah memasak hidangan ini sejak tahun 1960-an. Ia juga menjual berbagai macam lauk pauk. Warungnya buka pukul 16.00 dan tutup pukul 21.00. Biasanya, warungnya habis terjual dalam waktu tiga sampai empat jam.

Warungnya terletak di sebuah rumah bata sederhana dengan empat kamar. Dindingnya dipenuhi dengan jelaga. Menunya bukan menu tradisional, tetapi daftar lauk pauk. Nilai jual utamanya adalah keaslian. Banyak pelanggan yang kembali ke restoran ini karena suasananya yang homey.

Kalau bagi ane, ini tujuan wisata kuliner jogja yang wajib ane kunjungi gan, karena ane penyuka ikan lele.

Wisata Kuliner Jogja minuman Unik Kopi Joss

Di antara sekian banyak tujuan wisata kuliner jogja, Kopi Joss adalah kopi yang diseduh dengan arang. Minuman ini telah menjadi hal baru di kota Jogja, dan dinikmati oleh wisatawan dan penduduk setempat.

Menambahkan arang panas yang dibakar ke dalam kopi dipercaya dapat menetralisir keasaman minuman. Hal ini membuat minuman lebih enak untuk dicicipi. Kopi Joss juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi lainnya.

Kopi Joss dijual oleh warung-warung di pinggir jalan. Warung kopi joss pertama kali dibuka di Yogyakarta oleh Pak Man, seorang pemilik warung kopi lokal. Dia ingin membedakan produknya dari yang lain dengan mencelupkan arang ke dalam kopi. Tapi lokasinya sudah pindah ya gan.

Pada tahun 1960-an, ia berpikir bahwa menambahkan arang ke dalam kopinya dapat meredakan sakit perut. Putrinya sekarang menjadi pemilik warung gudeg di Mbah Lindu. Ia masih bangun jam 3 pagi untuk memasak.

Wisata Kuliner Jogja di Jejamuran

Di antara sekian banyak tempat tujuan wisata kuliner jogja, Restoran Jejamuran tentu saja merupakan salah satu yang terbaik. Restoran ini memiliki tema jamur dan menyajikan banyak jamur yang bisa dimakan. Restoran ini juga merupakan rumah bagi museum artefak jamur.

Restoran ini berada di bangunan joglo tradisional, yang merupakan rumah Jawa dengan atap yang terbuat dari genteng dan struktur seperti paviliun pusat yang dibangun di atas tiang-tiang. Restoran ini dikelilingi oleh pohon-pohon hijau dan sungai dan dapat dicapai dengan berkendara singkat dari pusat kota.

Restoran ini memiliki etalase kecil. Mereka memiliki menu berukuran layak, termasuk sejumlah hidangan vegetarian dan vegan. Mereka juga menyumbang untuk organisasi kesejahteraan hewan dan tidak menggunakan minyak kelapa sawit.

Hal terbaik pada menu adalah sate jamur, yang cukup memanjakan lidah. Mereka dapat menyiapkan jamur dengan bumbu dan rempah segar, yang membantu dalam rasa dan aroma.

Wisata Kuliner Jogja di House Of Raminten

Dikenal dengan angkringan eksentrik dan masakan tradisional Indonesia, House Of Raminten adalah restoran populer di Yogyakarta. Restoran ini terletak di sebuah pendopo, sebuah bangunan mirip paviliun yang dibangun di atas tiang-tiang. Restoran ini memiliki pelayan berseragam semi-tradisional dan memainkan musik gamelan.

Menunya beragam, mulai dari hidangan Jawa klasik hingga makanan jalanan. Minumannya juga patut diperhatikan, termasuk Es Perance Tancep, Es Kelapa Muda Jumbo, dan Wedang Serai.

Untuk suasananya, restoran ini terletak di dalam rumah joglo tradisional, yang memiliki interior berangin dan atap yang indah. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk makan malam romantis.

Menunya cukup terjangkau, menjadikannya tempat yang populer untuk makan siang atau makan malam singkat bersama teman-teman. Kali yang lezat dan roti gulungnya dimasak dengan baik. Selain itu, restoran ini menawarkan halo-halo dan pancake yang enak.

Minuman di House of Raminten juga patut diperhatikan. Koktail mereka termasuk Es Monster dan Wedang Uwuh. Restoran ini juga memainkan Gendhing Jawa, yang merupakan jenis musik tradisional dari Yogyakarta.

Wisata Kuliner Jogja di Kedai Kebun

Terletak di lingkungan budaya, Kedai Kebun adalah tempat makan populer dan ruang seni kontemporer di Yogyakarta. Restoran ini terhubung dengan Forum, sebuah ruang seni independen kecil yang ditujukan untuk eksperimen budaya dan seni transformatif sosial. Kedai Kebun juga memiliki toko buku dan ruang pertunjukan.

Bangunan utamanya terbuat dari bambu. Restoran dan Forum dikelola secara independen oleh seniman lokal. Kelompok ini berfokus untuk mendukung seniman lokal, serta kreatifitas lainnya dalam komunitas.

Makanan yang disajikan di sini didasarkan pada hidangan tradisional Indonesia. Restoran ini menawarkan berbagai pilihan dari hidangan lokal hingga hidangan favorit internasional. Menunya bervariasi setiap hari, dengan menu spesial yang berubah secara teratur.

Taman di restoran ini menyediakan tempat peristirahatan yang sejuk dari panasnya kota. Pohon beringin berusia 21 tahun memberikan sirkulasi udara alami.

Selain menyajikan makanan yang enak, Kedai Kebun juga memiliki toko roti dan toko seni. Teater Boneka Papermoon diwakili di restoran dan menjual DVD. Mereka juga menawarkan diskon untuk pelajar.

Wisata Kuliner Jogja di Entog Slenget Kang Tanir

Selain menjadi bagian penting dari budaya kuliner Yogyakarta, Entok Slenget Kang Tanir juga menjadi daya tarik wisata kuliner jogja bagi para wisatawan domestik maupun internasional. Dengan perpaduan rempah-rempahnya, semangkuk Entok Slenget tidak hanya pedas, tetapi juga memiliki cita rasa yang khas. Rasa pedasnya yang panas dan pedas ditemani dengan paprika untuk mempertahankan rasa pedasnya lebih lama di mulut.

Entok Slenget Kang Tanir menawarkan berbagai hidangan. Mereka juga menyajikan bebek, tempe goreng, dan sup daging sapi bening. Entok slenget ini dibanderol dengan harga Rp 16.000 per porsi.

Gudeg Mbah Lindu adalah hidangan lain yang patut dicoba. Ini adalah salah satu gudeg yang paling terkenal di Yogyakarta. Gudeg Mbah Lindu adalah sejenis gudeg dengan daging, cabai, dan santan. Gudeg ini disajikan dengan nasi kucing, nasi yang dibungkus dengan tempe atau tahu.

Wisata Kuliner Jogja: Bakmi Jawa

Di antara wisata kuliner jogja yang terkenal adalah Bakmi Jawa. Bakmi Jawa adalah salah satu hidangan mie yang dibuat dengan bumbu-bumbu dasar Indonesia. Biasanya dimasak di atas api arang. Bakmi juga dicampur dengan ayam cincang atau telur bebek. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kubis cincang. Ini populer di kalangan orang Jawa.

Di pasar tradisional di Beringharjo, Agan dapat menemukan pempek dan jajanan lokal. Hidangan lain yang bisa Agan coba adalah opor telur pindang, oseng mercon, ayam goreng dan bakwan.

Jika Agan ingin mencicipi hidangan yang lebih otentik, Agan harus memeriksa warung-warung di warung makan Bakmi Jawa. Agan akan melihat bahwa makanan disiapkan dalam wajan kecil, dipengaruhi oleh rempah-rempah lokal. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menyaksikan prosesnya.

Wisata Kuliner Jogja: Wedang ronde

Di antara berbagai hidangan yang dianggap sebagai makanan lokal di Yogyakarta, salah satunya adalah wedang ronde. Hidangan ini sangat umum di kota Yogyakarta. Hidangan ini terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang. Kacang menambah kerenyahan yang kontras pada hidangan ini. Disajikan dengan buah-buahan segar dan kacang-kacangan, serta saus jahe. Hidangan ini biasanya dimakan sebelum tidur.

Jika Agan mencari hidangan tradisional ini, Agan harus mengunjungi kios-kios di daerah Malioboro. Ini adalah jalan di mana Agan dapat menemukan berbagai makanan ringan. Warung-warung ini dijalankan oleh warung milik keluarga. Agan juga akan menemukan warung-warung ini di Alun-Alun Kidul, sebuah area berumput di belakang Keraton Yogyakarta.

Ini adalah hidangan fusion Indonesia-Cina klasik. Hidangan ini disiapkan di kota Magelang, Jawa Tengah. Hidangan ini paling enak disantap di warung kecil tempat hidangan ini dijual.


Post Views: 4