5 Tempat Terbaik Sebagai Destinasi Berburu Batu Akik


2022 – Demam batu akik terus melanda masyarakat Indonesia bahkan kini batu akik asal negeri ini sudah tercium hingga ke mancanegara. Uniknya harga batu mulia ini terus meroket hingga mengalahkan harga emas sekalipun. Fenomena batu akik ini tak lepas dari keunikan jenis batu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Kota-kota penghasil batu akik yang dulu sempat meredup kini menjadi hidup kembali. Banyak traveler penggila batu berbondong-bondong mendatangai kota-kota di Indonesia penghasil akik berkelas. Mereka memburu batu mulia tersebut meski harganya tidak murah. Berikut kota-kota penghasil batu akik terbaik di Indonesia yang cocok untuk dikunjungi traveler pecinta batu akik.

1. Tanjung Bintang – Lampung Selatan

Keindahan dan keunikan batu akik dari berbagai daerah di Indonesia mampu menyihir banyak kolektor dan penggemar batu mulia ini mulai dari kolektor dalam negeri hingga mancanegara. Salah satu batu mulia yang paling banyak diburu oleh kolektor adalah batu akik bungur Tanjung Bintang. Kabarnya batu bungur di salah satu kabupaten Lampung Selatan ini memiliki kualitas nomor satu di dunia.

Selama ini Tanjung Bintang terkenal sebagai daerah penghasil pasir bangunan berkualitas baik, namun ternyata tidak hanya kualitas pasirnya saja yang berkelas, Tanjung Bintang juga menyimpan batu mulia yang sangat indah dan bernilai tinggi.

Ciri khas batu akik bungur Tanjung Bintang adalah warnanya yang ungu bening maka tak jarang batu akik ini disebut juga dengan Kecubung Bungur. Dengan adanya fenomena batu akik di tanah air maka wilayah ini kini menjadi ramai dikunjungi para traveler pengoleksi batu akik dari seluruh penjuru tanah air bahkan dunia. (more…)