5 Wisata Alam di Lombok Barat, Puas Nikmati Hutan hingga Air Terjun


2022 – Berkunjung ke daerah Lombok Barat , Nusa Tenggara Barat, wisatawan akan dimanjakan dengan wisata-wisata yang terasa dekat dengan alam.

Lombok Barat memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam itu cocok menjadi tempat untuk menenangkan pikiran, juga menyegarkan mata.

Terdapat beberapa rekomendasi wisata alam yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari laut, hutan, hingga air terjun.

5 Rekomendasi Wisata di Lombok Barat

Berikut ini adalah 5 rekomendasi wisata di Lombok Barat yang bisa kamu kunjungi saat liburan:

1. Desert Point Bangko-Bangko

Selain mendaki dan menyelam, Lombok Barat juga menyajikan tempat wisata yang cocok bagi penggemar selancar.

Berselancar di Desert Point Bangko-Bangko, Sekotong, Lombok Barat, dapat menjadi pilihan berwisata dan beraktivitas di Lombok.

Dilansir dari (05/06/2022), tempat wisata ini bahkan akan menjadi tempat penyelenggaraan World Surf League (WSL) atau Liga Selancar Dunia.

Ombak yang tinggi dengan intensitas tinggi ini menjadi daya tarik Desert Point Bangko-Bangko.

2. Hutan Sesaot

Tempat wisata ini adalah hutan lindung yang terletak di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

Dikutip dari laman , hutan ini masih sangat asri dan alami. Ditambah lagi, terdapat sumber mata air dari Gunung Rinjani.

Ada pula sungai yang bisa dikunjungi untuk berenang. Sebagai info, air di kawasan hutan ini sangat bersih.

Selain bersih, sungai di hutan ini juga dianggap tempat suci karena berasal dari Gunung Rinjani, tempat yang dianggap sebagai tempat bermukimnya para dewa.

Masyarakat desa setempat juga turut andil dalam menjaga hutan lindung ini dari longsor dan erosi. Pengunjung juga bisa membuat perkemahan di daerah hutan, bahkan melakukan aktivitas outbond.

3. Taman Hutan Raya Nuraksa

Taman Hutan Raya Nuraksa ini merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi NTB.

Taman Hutan Raya Nuraksa resmi dibuka pada awal April 2018. Sejak saat itu, tempat wisata ini kerap menjadi destinasi wisata alternatif di Lombok oleh para turis asing dan lokal.

Dikutip dari laman , taman hutan raya ini memiliki kekayaan flora dan fauna. Satwa yang hidup di kawasan ini ada rusa, kera, lutung, biawak, kucing hutan, dan ayam hutan.

Untuk tanaman, ada pohon mahoni, kesambi, beringin, kemiri, durian, anggrek hutan, dan juga pakis hutan.

Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berkemah di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa ini.

4. Air Terjun Segenter

Bagi pencinta air terjun, Lombok Barat memiliki wisata Air Terjun Segenter, tepatnya di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada. Air terjun ini begitu sejuk dan bersih.

Dilansir dari laman , tinggi air terjun sekitar 20 meter dengan aliran cukup deras. Wisata air terjun ini termasuk di daerah Taman Hutan Raya Nuraksa.

Jarak dari pintu gerbang taman hutan ini, sekitar 4 kilometer melewati jalur hutan-hutan yang hijau dan memanjakan mata.

5. Air Terjun Timponan

Berikutnya, ada Air Terjun Timponan yang berada di Dusun Praba, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat.

Dengan ketinggian setinggi 50 meter, air terjun ini berada di kawasan Hutan Lindung Resort Jangkok Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Rinjani Barat.

Dikutip dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jarak dari kota Mataran sekitar 9 km.

Pengunjung dapat mengunjungi air terjun ini menggunakan kendaraan, baik itu mobil ataupun motor. Harga tiket masuknya seharga Rp10.000.