Atas Nama Persahabatan Dan Kerjasama Tim, Shin Tae Yong Siap Mundur Apabila Iwan Bule Diminta Mundur


2022 – Atas nama persahabatan dan kerjasama tim, pelatih kebanggaan Timnas Indonesia Shin Tae Yong siap mundur apabila Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan diminta mundur.

Menurut Shin Tae Yong pria yang akrab disapa Iwan Bule itu adalah seseorang yang sangat peduli dengan sepak bola Indonesia.

Hal itu disampaikan Shin Tae Yong secara khusus dengan bahasa Korea di akun media sosialnya pada Rabu 12 Oktober 2022 petang.

Menurut Shin Tae Yong Iwan Bule sangat mencintai sepak bola Indonesia dengan kesungguhan hatinya. Bahkan dia memberikan dukungan penuh dari belakang terhadap sepak bola.

“Sehingga jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri,” katanya.

Hal ini lanjut Shin Tae Yong , karena dia berpikir apabila terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai satu tim, maka dirinya pun memiliki kesalahan yang sama.

“Kita ini satu tim, sepak bola pun tidak bisa sukses apabila bersandarkan pada 11 pemain inti saja yang bagus, atau staf pelatih yang bagus. Kita semua bisa mencapai kesukesan ketika semua menjadi satu tim, mulai dari pemain inti, cadangan, staf pelatih, official hingga semua karyawan federasi termasuk Ketua Umum,” katanya.

Menurut Shin Tae Yong , itulah filosofi sepak bolanya. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang tidak akan bisa menang dengan hanya satu orang saja yang bagus kinerjanya.

“Saya dengan masyarakat Indonesia dapat mengembangkan sepak bola Indonesia bersama setelah saya datang ke Indonesia pada tahun 2020. Ini adalah hasil yang dibuat para pemain, fans dan Ketua Umum PSSI yang memilih saya,” katanya.

Namun sayang lanjut Shin Tae Yong nyatanya semua tanggung jawab dialihkan kepada ketua umum. Padahal ketua umum telah mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan, dia pun dipastikan bisa mengatasi keadaan ini dengan baik.

“Saya pun akan berusaha lebih keras agar sepak bola Indonesia lebih maju lagi. Sebagai penutup sekali lagi saya ingin mengucapkan bahwa saya ingin memberikan dukungan penuh kepada para korban, keluarga korban dan seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.***