Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Keuangan ?


2022 – Bagaimana cara mencapai tujuan keuangan ? Tentunya teman-teman sudah memiliki tujuan keuangan kan, seperti punya rumah, mobil, pendidikan untuk anak, kesehatan yang terjamin, masa pensiun yang bahagia dan lainnya.

Nah kira-kira bagaimana ya cara mencapai tujuan keuangan teman-teman? Finansialku akan berbagi quote dari seorang Pablo Picasso:

English:

Our Goals can only be reached through a vehicle of a plan in which we must fervently believe, and upon which we must vigorously act. There is no other route to success.

Pablo Picasso

Indonesia:

Tujuan kita hanya dapat dicapai dengan kendaraan yang disebut rencana. Kita harus sungguh-sungguh percaya dan penuh semangat menjalankannya. Tidak ada cara lain untuk sukses.

Pablo Picasso

Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Keuangan?

Seperti yang dikatakan oleh Pablo Picasso, tidak ada jalan singkat untuk mencapai tujuan keuangan. Hal yang dapat dilakukan saat ini adalah membuat sebuah rencana keuangan. Tentu saja kita harus yakin dan komitmen untuk menjalankan rencana yang kita buat.

Perencanaan keuangan adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan-tujuan hidup seseorang atau keluarga melalui manajemen keuangan yang tepat dan terencana dengan benar. Perencanaan keuangan berperan sebagai “roadmap” untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda di masa depan.

Rencana keuangan dapat dibuat oleh semua orang, karena pada dasarnya sebuah rencana keuangan gabungan antara ilmu keuangan (personal financial), seni dan logika. Anda dapat mempelajari ilmu keuangan dan membuat rencana keuangan. Permasalahannya tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk mempelajari keuangan. Apa solusinya?

Salah satu solusi adalah mencari konsultan keuangan yang berprofesi sebagai perencana keuangan independen. Perencana keuangan independen dapat membantu Anda untuk membuat sebuah rencana keuangan.

Kesimpulan

Membuat rencana keuangan itu penting, karena rencana keuangan adalah satu-satunya cara mencapai tujuan keuangan. Apakah Anda ingin membuat sendiri atau menggunakan jasa perencana keuangan independen, itu pilihan Anda. Bandingkan keuntungan dan kerugian jika Anda konsultasi dengan perencana keuangan independen atau dengan mengerjakan sendiri.