Banyak Jadi Perbincangan, Apa Itu Octane Number?


2022 – Jakarta — Beberapa pekan belakangan masyarakat ramai membicarakan mengenai turunnya kualitas research octane number (RON) pada Pertalite yang dijual Pertamina. Banyak masyarakat beranggapan jika nilai RON Pertalite mengalami penurunan kualitas.

Namun, saat ini kami tidak akan membahas mengenai turunnya kualitas Pertalite milik Pertamina.

(Foto: Bolt Blog)

Kami akan membeberkan secara lebih detail mengenai apa itu octane number yang ada pada sebuah bahan bakar minyak (BBM).

Dilansir dari berbagai sumber, octane number sendiri merupakan bilangan atau angka oktan guna pengukuran kualitas bensin.

Angka tersebut merupakan ukuran ketahanan bahan bakar ketika terbakar sebelum waktu pembakaran di dalam mesin.

Menurut laman Energy Education dari University of Calgary di Kanada mengatakan nilai oktan pada bensin didasarkan rasio dua senyawa. Kedua senyawa ini memiliki perhitungan untuk mendapatkan angka pasti.

“Pada nilai oktan bensin tertentu akan didasarkan rasio dua senyawa dalam bensin, iso, dan oktana dengan senyawa rumus kimia yang sama dengan oktana, tetapi struktur dan sifat berbeda dengan heptana normal,” dikutip dari laman yang sama, Selasa (11/10/2022).

Kedua senyawa ini bisa menguraikan dua senyawa dengan skala ekstrem.

“Kedua senyawa ini menguraikan dua skala ekstrem dengan iso oktana murni yang punya peringkat 100 dan n-heptana dengan peringkat nol. Campuran 90% iso oktana dan 10% n-heptana bisa memiliki oktan 90”.

Mengenal apa itu octane number pada BBM. (Foto: mobil88)

Namun, menurut Iwan Abdurrahman, Workshop Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), RON merupakan ikatan kimia dengan tingkatan seberapa kuat bahan bakar menerima kompresi.

Angka oktan tersebut akan dikalibrasi guna membentuk skala.

Semakin tinggi angka oktan pada kandungan BBM, maka semakin besar juga tekanan yang dibutuhkan agar bensin bisa terbakar.

Sebaiknya pemilik mobil menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang direkomendasikan pabrikan agar mesin tetap terjaga performanya.

Di Indonesia, bahan bakar minyak yang bisa ditemui di berbagai SPBU terdiri dari oktan 89, 90, 91, 92, 95, hingga 98.

Harga yang ditawarkan per liternya pun juga berbeda-beda berdasarkan kadar oktan tersebut.

Pastikan kendaraan Carmudian menggunakan bahan bakar minyak yang tepat, ya!

Penulis: Rizen PanjiEditor: Dimas