Buat Prioritas Tujuan Keuangan, Agar Anda Dapat Fokus


2022 – Tahukah Anda membuat prioritas tujuan keuangan, dapat membuat Anda tetap fokus? Kali ini Finansialku.com akan membahas permasalahan yang paling sering terjadi, yaitu hilangnya fokus karena tidak ada prioritas tujuan keuangan.

Rubrik Finansialku:

Kenapa Penting : Prioritas Tujuan Keuangan?

Sebagai perencana keuangan, Finansialku.com fokus untuk membantu orang-orang mewujudkan tujuan keuangan. Terkadang permasalahan yang terjadi adalah seseorang yang memiliki terlalu banyak tujuan keuangan. Bukannya membuat Anda berkecil hati, tetapi kita buat stepnya. Ingat kata-kata motivator :

Anda boleh memiliki tujuan atau mimpi yang besar, dan ambil langkah kecil untuk memulai.

Membuat prioritas tujuan keuangan sangatlah penting, karena prioritas akan membuat Anda tetap fokus. Daripada perhatian Anda terbagi kedalam beberapa hal, lebih baik Anda fokus pada 1 atau 2 tujuan keuangan, wujudkan tujuan tersebut dan kemudian baru lanjut ke tujuan berikutnya.

[Lihat Infografisnya: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda!]

Bagaimana Cara Membuat Prioritas Tujuan Keuangan?

Kata prioritas boleh diartikan dengan hal yan diutamakan. Nah diutamakan karena apa? Misal karena waktunya mepet, jumlahnya uang yang dibutuhkan cukup besar atau memang kebutuhan yang benar-benar pokok.

[Baca Juga: Tanpa Rencana Keuangan, Tujuan Anda adalah Semu]

Contoh: Pak Ronald sedang bingung membuat prioritas, apakah membuat rencana keuangan dan berinvestasi reksadana untuk membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan anak atau membeli kendaraan baru? Nah bagaimana saran Anda untuk Pak Ronald? Silahkan tuliskan di bagian kolom di bawah ini ya!

Apakah ada cara atau alat untuk mempermudah dalam menghitung prioritas? Hmm sebenarnya tidak ada rumusan khusus untuk membuat prioritas. Anda dapat menggunakan tabel di bawah ini untuk mempermudah Anda membuat prioritas:

Nomor

(a)

Tujuan

(b)

Urgensi

/ Waktu

(c)

Importance

/ Kepentingan

(d)

Score

(e)

Keterangan:

Sebagai contoh, coba kita bantu Pak Ronald membuat prioritas tujuan keuangan. Pertama kita isi terlebih dahulu tujuan keuangan Pak Ronald. Kemudian kita isi tingkat urgensi dan kepentingan untuk masing-masing tujuan keuangan. Tahap selanjutnya adalah hitung skor dari masing-masing tujuan keuangan.

Nomor

Tujuan

Urgensi

/ Waktu

Importance

/ Kepentingan

Score

Setelah dihitung skornya, kita coba urutkan dari skor yang terbesar menuju ke skor terkecil. Setelah diurutkan, kita akan mendapatkan prioritas tujuan keuangan Pak Ronald. Saran kita untuk Pak Ronald adalah: membeli rumah, menyiapkan biaya pendidikan anak dan terakhir membeli mobil.

Jadi Membuat Prioritas Keuangan itu…

Membuat prioritas tujuan keuangan adalah salah satu cara untuk mempercepat langkah Anda mewujudkan tujuan keuangan. Hal ini dikarenakan segala usaha Anda terfokus pada 1 atau 2 tujuan keuangan. Selamat mencoba membuat prioritas tujuan keuangan.

Apakah Anda mengalami kesulitan saat membuat prioritas tujuan keuangan?

Sumber Gambar

    Priority – http://goo.gl/ayGW56

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)