Calon Ibu Kota Baru Jabar Ini Bakal Punya Tol Baru Hingga LRT


2022 – Tegalluar disebut-sebut jadi salah satu pilihan lokasi untuk jadi calon ibu kota baru provinsi Jawa Barat. Kini, Tegalluar yang terletak di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung ini bahkan sudah memiliki akses Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Disbeut-sebut juga, akan adanya rencana dibuatkan exit tol dari pembangunan tol baru yakni Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas).

Jika mengintip dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Bandung 2021-2026, kawasan kota baru Tegalluar ditetapkan sebagai kawasan strategis cepat tumbuh.

“Penetapan ini didasari oleh potensi ekonomi kawasan yang akan berpengaruh secara regional terhadap ekonomi kabupaten Bandung, khususnya bagian timur dengan adanya pembangunan infrastruktur strategis di kawasan tersebut,” seperti yang tertulis pada dokumen RPJMD, dikutip Jumat (14/10/2022).

Adapun beberapa infrastruktur yang dibangun antara lain Kereta Api Cepat Indonesia-China, jalur LRT, tol Ujungberung-Gedebage-Majalaya, dan tol Cileunyi-Tasikmalaya (Cigatas).

Saat ini targetnya kereta cepat akan beroperasi pada Juli 2023 mendatang. Sedangkan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya masuk pada segmen 1 tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dengan panjang 206,5 km.

Di mana menurut Keterangan Kementerian PUPR, targetnya pada tahun 2022 ini sudah bisa dilakukan konstruksi tahap pertama dari Gedebage sampai Tasikmalaya yang akan selesai pada 2024 mendatang.

Sedangkan Tasikmalaya sampai Cilacap dijadwalkan akan rampung di 2029.