Cara Investasi Reksadana Online – 2022


2022 – Bagaimana cara investasi reksadana online? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan menjelaskan cara investasi reksadana online dengan menggunakan website Bareksa.com.

Investasi Reksadana Online

Reksadana adalah pilihan investasi yang paling populer di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan, mulai dari kemudahan dalam pembukaan akun, cara kerja dan bertransaksi.

Berita baiknya, investasi reksadana dapat diakses melalui online. Orang-orang menyebutnya dengan istilah reksadana online.

Sebelum kita membahas lebih lanjut cara investasi reksadana online, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu reksadana online.

Reksadana Online

Dalam investasi reksadana, terdapat beberapa pihak yang berpartisipasi. Pihak pertama adalah manajer investasi yang menjadi koki atau perusahaan yang mengelola portofolio.

Pihak kedua adalah bank kustodian (custodian bank), perusahaan yang menyimpan dana, mengawasi dan mendokumentasi segala bentuk aset. Serta pihak agen penjual, atau perusahaaan yang membantu menjualkan reksadana.

Di Indonesia agen penjual reksadana (APERD) dapat dilakukan oleh bank maupun perusahaan non bank yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Salah satu perusahaan yang menjual reksadana online adalah Bareksa.com. Bareksa adalah marketplace reksadana di Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan reksadana, edukasi, berita dan data-data ekonomi.

Cara Investasi Reksadana Online

Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara investasi reksadana online dengan Bareksa.com.

Pertama kali, Anda perlu mendaftar (sign up) di Bareksa.com. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendaftar akun di Bareksa.com.

Berikut ini panduan cara membuka akun di Bareksa.com. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi layanan bantuan (customer service) Bareksa di nomor 0812 2345 4552 (dapat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp) atau Anda juga dapat mendownload tutorial penggunaan aplikasi Bareksa.

Cara Investasi Reksadana Online – Daftar Secara Online

Pada saat mendaftar secara online, Anda dapat klik link daftar. Kemudian Anda diminta untuk mengikuti prosesnya, dengan cara mengisi empat bagian.

1. Fomulir pembukaan rekening

Anda diminta mengisi beberapa bagian mengenai data pribadi Anda.

Dokumen yang harus disertakan:

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) – Anda dapat foto KTP Anda menggunakan handphone dan dilampirkan (attach).

    Sampul buku tabungan – Anda dapat foto sampul buku tabungan Anda menggunakan handphone dan dilampirkan (attach). Sampul buku tabungan berguna untuk verifikasi ulang, ketika ada hasil investasi yang dikirimkan ke rekening Anda.

Dokumen opsional (tidak wajib):

    NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) – Anda dapat foto kartu NPWP Anda menggunakan handphone dan dilampirkan (attach). Jika Anda mahasiswa/i atau belum memiliki NPWP, tidak menjadi masalah. NPWP dapat dilampirkan, jika Anda sudah mulai bekerja dan memiliki NPWP.

2. Memahami syarat dan ketentuan

3. Mengisi profil risiko nasabah

4. Melakukan aktivasi

Kesimpulan

Cara investasi reksadana online memiliki kesamaan dengan cara offline. Tentu saja investasi reksadana online memberikan banyak kemudahan dan lebih praktis. Anda tidak perlu keluar kantor, untuk membeli atau menjual reksadana. Cukup pesan reksadana, transfer dan konfirmasi. Reksadana sudah ada di dalam portofolio Anda. Selamat mencoba.

Bagaimana pengalaman Anda berinvestasi reksadana online?

Image credit :

    Online Investment – http://goo.gl/Vb3T6i

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai Perencanaan Keuangan