Cara Merawat Aki Mobil – 2022


Jika Anda ingin menjaga aki mobil Anda dalam kondisi baik, Anda perlu mempelajari cara merawatnya. Anda harus mengisi daya aki secara teratur, hindari pengisian daya yang berlebihan, dan jangan terlalu mengencangkan klem. Anda juga harus menghindari perjalanan singkat yang sering. Menjaga aki dalam kondisi baik akan membantu Anda mendapatkan jarak tempuh yang lebih jauh.

Hindari sering melakukan perjalanan singkat

Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan umur aki mobil Anda adalah dengan menghindari sering melakukan perjalanan singkat. Perjalanan singkat ini memberikan banyak tekanan pada aki Anda dan tidak memberinya kesempatan untuk mengisi ulang. Hal ini dapat menyebabkan pengisian daya yang kurang dan baterai yang melemah. Sebaliknya, sering-seringlah melakukan perjalanan yang lebih lama untuk menyeimbangkan perjalanan yang pendek.

Perjalanan singkat juga menguras tegangan aki mobil Anda, yang membuatnya sulit untuk menyalakan mobil. Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan perjalanan yang lebih lama dan rencanakan tugas Anda terlebih dahulu. Selain itu, pertimbangkan untuk membeli pengisi daya baterai untuk menjaga tegangan baterai Anda. Terakhir, hindari menyimpan baterai Anda di lingkungan yang dingin atau lembab.

Tidak mudah untuk menentukan kapan saatnya mengisi ulang aki mobil Anda. Untungnya, pabrikan kendaraan Anda telah menerbitkan tolok ukur perawatan terjadwal yang dapat membantu Anda menentukan kapan harus mengisi ulang baterai Anda. Secara umum, baterai Anda membutuhkan sekitar 20 menit pengisian daya setelah setiap perjalanan singkat untuk pulih sepenuhnya. Perjalanan singkat menghabiskan energi baterai lebih cepat daripada yang dipikirkan kebanyakan orang.

Perjalanan singkat yang sering dapat memperpendek umur aki mobil Anda secara signifikan. Alternator akan mengisi ulang baterai lebih efisien setelah perjalanan jauh. Pastikan untuk membiarkan mesin mobil menyala setidaknya 10 menit setelah kembali ke rumah untuk memberikan waktu alternator untuk mengisi ulang. Juga, ingatlah bahwa lampu interior dapat menguras baterai Anda juga. Memeriksa lampu Anda sebelum meninggalkan mobil dapat menghemat banyak kerumitan dan memperpanjang umur baterai Anda.

Hindari pengisian daya yang berlebihan

Meskipun pengisian aki mobil yang berlebihan jarang memiliki konsekuensi yang parah, namun dalam keadaan tertentu, hal ini merupakan ide yang buruk untuk dilakukan. Mengisi daya baterai secara berlebihan akan mengurangi umur baterai dan mengurangi kemampuannya untuk menahan muatan. Hal ini terutama berlaku untuk perangkat elektronik yang lebih kecil. Untungnya, aki mobil modern dirancang untuk meminimalkan risiko ledakan.

Jika Anda melihat aki Anda kelebihan muatan, kemungkinan alternatornya rusak atau rusak. Ini adalah sumber utama kerusakan karena alternator yang rusak akan menyebabkan baterai kehilangan lapisan pelindungnya, sehingga mengganggu keseluruhan struktur dan kemampuannya untuk mengisi daya. Dalam situasi seperti itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan mekanik untuk memastikan aki mobil Anda berfungsi dengan baik.

Cara lain untuk menghindari pengisian aki mobil yang berlebihan adalah dengan selalu menggunakan charger dengan spesifikasi yang tepat. Pengkabelan yang salah, arus listrik yang salah, atau tegangan yang salah dapat menyebabkan pengisian daya yang berlebihan. Jika Anda tidak dapat menemukan pengisi daya yang sesuai dengan kebutuhan aki Anda, maka belilah yang baru. Jika Anda khawatir tentang pengisian daya yang berlebihan, yang terbaik adalah mengisi daya aki mobil Anda di tempat yang sejuk dan kering.

Meskipun pengisian aki mobil yang berlebihan mudah dicegah, hal itu dapat menyebabkan masalah lain. Beberapa masalah ini mudah diperbaiki, tetapi yang lain membutuhkan mekanik. Jika Anda tidak cenderung mekanis, yang terbaik adalah meminta montir untuk melakukan pekerjaan itu untuk Anda. Atau, Anda dapat membeli aki mobil baru atau merekondisi aki.

Jika Anda tidak dapat menyalakan mobil Anda setelah mengisi daya, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan untuk mengganti regulator tegangan baterai. Biayanya sekitar $30 sampai $40 dan mengirimkan tegangan yang benar ke aki mobil.

Isi daya baterai secara teratur

Untuk menjaga umur aki mobil Anda, Anda harus mengisi daya secara teratur. Jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk mengisi baterai tergantung pada penggunaan Anda. Aki yang mati dapat dengan mudah diperbaiki dengan pengisian daya yang sederhana, tetapi jika mobil Anda tidak dapat dinyalakan sama sekali, mungkin ada sesuatu yang salah dengan kendaraan Anda. Jika ini masalahnya, Anda harus terlebih dahulu memeriksa alternator Anda untuk masalah sebelum mengisi baterai.

Selain itu, Anda harus menyalakan mobil Anda setiap minggu untuk memberi baterai Anda kesempatan untuk mengisi ulang. Dianjurkan untuk menyalakan mobil Anda selama sekitar 15 menit setiap minggu di lokasi yang berventilasi baik. Jangan tinggalkan mobil Anda tanpa pengawasan saat sedang berjalan, karena aki berpotensi mengembangkan karbon monoksida yang berbahaya. Selain itu, jangan pernah meninggalkan mobil Anda tanpa pengawasan saat mengisi daya baterai mobil Anda. Selain itu, jangan pernah meninggalkan mobil Anda berjalan untuk waktu yang lama, karena pencuri dapat mencuri baterai yang terisi penuh. Untuk alasan ini, Anda harus membeli pengisi daya baterai.

Selain mengisi daya aki, Anda juga harus memastikan aki Anda terpasang dengan kencang. Sebuah baterai yang duduk diam dapat berubah dari terisi penuh menjadi mati dalam waktu kurang dari dua bulan. Selain itu, baterai yang lebih tua lebih rentan mati lebih cepat. Jika Anda bisa, lakukan perjalanan 30 menit di jalan raya untuk mengisi ulang baterai.