Desain Uang NKRI Beredar 17 Agustus 2014


2022 – Ingin tahu desain uang NKRI terbaru? Beberapa waktu yang lalu ada yang bilang akan terjadi redenominasi Rupiah bersama dengan desain uang terbaru. Finansialku.com akan membahas dalam artikel berjudul uang NKRI beredar 17 Agustus 2014.

Desain Uang NKRI dan Isu Redenominasi di Online

Berikut ini adalah desain uang NKRI yang beredar secara online:

Disamping desain tersebut, juga muncul adanya isu redenominasi Rupiah. Apa itu redenominasi? Redenominasi dapat dikatakan sebagai bentuk penyederhanaan sebuah nilai mata uang tanpa mengubah nilai tukarnya. Contoh redenominasi Rp 100.000 menjadi Rp 100. Apakah desain dan isu redenominasi benar?

Jawaban BI terhadap Desain Uang NKRI di Online

Beberapa waktu lalu terjadi banyak berita simpang siur mengenai desain uang NKRI yang terbaru.

Menurut sumber Kompas Online, Bank Indonesia (BI) membantah desain uang rupiah yang beredar secara online adalah desain uang NKRI yang akan diedarkan padaa tanggal 17 Agustus 2014. BI juga membantah uang NKRI adanya redenominasi rupiah pada desain uang NKRI yang akan diedarkan pada tanggal 17 Agustus 2014.

Uang Rupiah kertas yang akan terbit pada 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum seperti yang diatur dalam UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang:

    Gambar lambang negara, Garuda Pancasila

    Frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia

    Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya

    Tanda tangan pihak pemerintah dan Bank Indonesia

    Nomor seri pecahan

    Teks “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia Mengeluarkan Rupiah Sebagai Alat Pembayaran yang Sah Dengan Nilai…

    Tahun emisi dan tahun cetak

Ronald Waas (Deputi Gubernur Bank Indonesia) pernah mengatakan uang model baru memiliki ciri:

“Pertama ada frase NKRI, pada uang kertas atau logam ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”

Terdapat dua tanda tangan yaitu tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan tanda tangan Menteri Keuangan (Menkeu).

Kesimpulan

Beberapa sumber yang dapat dipercaya mengatakan desain yang beredar di Online adalah desain yang digunakan untuk menjelaskan rededominasi, bukan menjadi desain uang NKRI yang akan beredar 17 Agustus 2014. Oh ya jangan lupa kenali perubahan desain terbaru, agar Anda tidak menjadi korban kejahatan peredaran uang palsu.

Finansialku.com akan sangat berterima kasih jika para pembaca mau berdiskusi mengenai waspada investasi bodong. Hubungi Finansialku untuk berdiskusi dan membuat janji mengenai perencanaan keuangan keluarga.