Eko Roni dinilai belum layak tantang petarung peringkat lima besar ONE


2022 – Petarung Indonesia Eko Roni Saputra dinilai oleh Yodkaikaew Fairtex yang bakal menjadi lawannya pada laga ONE Championship dengan tajuk ONE 162 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/10) belum layak menantang petarung peringkat lima besar divisi flyweight.

“Saya pikir dia (Eko) belum layak. Ada banyak sekali lawan tangguh di divisi ini. Dia perlu membuktikan diri terlebih dahulu,” kata petarung asal Thailand itu dalam keterangan resminya.

Petarung yang telah menorehkan 60 kemenangan dalam Muay Thai sebelum terjun menjadi atlet MMA ini menganggap jika persaingan menuju lima besar divisi flyweight sangatlah sengit. Ada atlet-atlet top lain yang juga mengincar tujuan yang sama.

Lima besar ONE Championship divisi flyweight saat ini diisi oleh nama-nama elite seperti Adriano Moraes, Kairat Akhmetov, Yuya Wakamatsu, Danny Kingad, dan Reece McLaren. Belum lagi ada nama Demetrious Johnson yang bertengger sebagai penguasa singgasana.

Rata-rata, mereka memiliki jumlah kemenangan dua hingga tiga kali lipat dari Eko. Meski demikian, petarung kelahiran Samarinda ini sedang dalam performa mengesankan dengan torehan enam kemenangan beruntun dari tujuh laga.

Meski mengakui jika catatan kemenangan beruntun Eko Roni Saputra adalah pencapaian impresif, Yodkaikaew Fairtex menyebut jika lawan yang telah dihadapi sang jagoan Indonesia berada pada level rendah.

“Benar bahwa dia punya catatan enam kemenangan beruntun. Dia cukup bagus dalam area pertarungan bawah dan atas, tetapi lawan-lawan dia sebelumnya bukan petarung level tinggi. Saya rasa saya berada di atas lawan-lawan yang pernah dia hadapi,” sesumbar petarung 31 tahun ini.

Catatan manis Eko Roni Saputra tersebut justru memicu sang pemilik tendangan gergaji dari Thailand ini untuk mengakhiri kemenangan beruntun rivalnya. Tak tanggung-tanggung, ia juga berniat memukul KO sang lawan.

“Jika ada peluang untuk membuatnya KO, tentu saja saya tak akan melewatkannya. Saya telah menyiapkan tendangan serta pukulan. Saya akan memanfaatkan kemampuan striking untuk mendominasinya,” kata Yodkaikaew menegaskan.

Meski demikian Yodkaikaew tidak menganggap remeh tendangan yang dimiliki Eko Roni Saputra yang saat ini berlatih di Evolve MMA Singapura bersama para juara dunia Muay Thai dan kickboxing yang memiliki kombinasi serangan menakutkan.