Honda DBL Lakukan Gebrakan Tayangkan Pertandingan Lewat Media Sosial


2022 – Penyelenggara liga bola basket pelajar Honda DBL melakukan gebrakan dengan menayangkan secara langsung melalui media sosial TikTok empat laga semifinal DKI Jakarta Series-South Region di GOR Bulungan, Jakarta, Selasa.

Keempat laga yang ditayangkan live dengan format vertikal di TikTok itu yakni duel tim putri antara SMAN 8 Jakarta versus SMAN 3 Jakarta.

Kemudian duel tim putra SMAN 34 Jakarta melawan SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, SMA Labschool Kebayoran menghadapi SMAN 6 Jakarta, dan laga putri SMAN 6 Jakarta melawan SMAN 70 Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Selasa, penandatanganan kerja sama antara DBL Indonesia dan TikTok dilakukan pada Kamis (6/10) lalu.

Kolaborasi ini menjadikan Honda DBL with KFC musim 2022-2023 sebagai kompetisi olahraga di Indonesia yang pertama kali melakukan livestreaming pertandingan dalam format vertikal.

Pada musim 2022-2023 ini, Honda DBL with KFC berencana menggelar lebih dari 1.000 laga yang melibatkan puluhan ribu atlet pelajar se-Indonesia yang mewakili lebih dari 1.000 sekolah tingkat SMA/sederajat.

Melanjutkan inovasi tahun-tahun sebelumnya, seluruh pertandingan musim ini akan ditayangkan secara livestreaming melalui aplikasi DBL Play.

Jumlah pertandingan yang ditayangkan secara langsung menjadikan Honda DBL with KFC sebagai liga olahraga dengan jumlah tayangan langsung terbanyak, melebihi liga profesional mana pun di Indonesia.

Sebelumnya, uji coba penayangan laga Honda DBL with KFC 2022 dengan format vertikal di TikTok untuk kali pertama dilakukan, kemarin dalam laga tim putra SMAN 3 Sidoarjo versus SMA Petra 5 Surabaya.

Para pengikuti @dblindo di TikTok sangat antusias menyambut format tayangan baru ini. Bahkan, pertandingan tim putri SMA Gloria 1 Surabaya melawan SMAN 16 Surabaya yang berlangsung pada 16 September lalu meraih jumlah penonton tertinggi yakni sebanyak 136.600 penonton kendati masih dalam tahap uji coba.

Total, uji coba livestreaming format vertikal melalui TikTok ini telah dilakukan di enam laga.

Selain livestreaming format vertikal, serangkaian uji coba penayangan di beberapa laga Honda DBL with KFC secara live di TikTok juga dilakukan dengan format horizontal (yang di-relay dari akun media sosial dan aplikasi DBL).

Hasilnya uji coba penayangan di TikTok ini disaksikan sebanyak 1.649.900 penonton.

“Kami sangat antusias menyambut kerja sama dengan TikTok ini. Selain menjadi pelopor sebagai liga pertama di Indonesia yang menayangkan pertandingan basket melalui media livestreaming dalam format vertikal,” kata Direktur DBL Indonesia Masany Audri.

“Penayangan pertandingan Honda DBL with KFC di TikTok juga memberi kesempatan bagi kami untuk menjangkau semakin banyak penonton muda di Indonesia, terutama di luar sekolah peserta yang terlibat,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Masany menjelaskan bahwa setiap tahunnya liga basket pelajar ini melibatkan jutaan anak muda di Indonesia sebagai partisipan aktif maupun sebagai penonton yang hadir langsung memberi dukungan pada masing-masing rena di 30 kota dari 22 provinsi penyelenggaraan.

Musim lalu, lebih dari 600 laga ditayangkan secara daring karena kebijakan pemerintah tidak memperkenankan kehadiran penonton di venue akibat pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya terkendali.

Melalui platform digital, seluruh pertandingan DBL musim lalu telah disaksikan lebih dari 7 juta penonton.

“Kami berharap, kerja sama dengan TikTok ini akan memberi alternatif bagi lebih banyak anak muda untuk terlibat dengan Honda DBL with KFC. Apalagi, TikTok adalah platform yang sangat tepat dan sangat dekat sekali dengan audience kami,” pungkas Masany.

Program meningkatkan ketertarikan terhadap basket di kalangan anak muda ini sangat penting mengingat pada Agustus 2023, Indonesia akan berstatus sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama dengan Filipina dan Jepang.