IMI dukung wakil Indonesia dalam MiniGP World Series 2022 di Valencia


2022 – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau Bamsoet memberi dukungan penuh dalam bentuk berbagai bantuan kepada dua wakil Indonesia, Clevan Lois Valera Octavianus (10 tahun) dan Lanova Tantra Mahardika (14) yang bakal berlaga pada FIM MiniGP World Series 2022 di Valencia, Spanyol, 1-3 November.

Clevan Lois Valera Octavianus dan Lanova Tantra Mahardika sebelumnya keluar sebagai pebalap terbaik dalam FIM MiniGP Indonesia Series 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, IMI menggratiskan Kartu Ijin Start Internasional untuk Clevan dan Lanova.

“IMI juga memberikan tambahan dana untuk mendukung kegiatan mereka selama di Valencia, serta membantu mereka dalam mengurus visa di kedutaan Spanyol. Ini merupakan bentuk dukungan IMI terhadap perjuangan mereka dalam mengharumkan nama Indonesia,” kata Bamsoet.

Clevan dan Lanova dijadwalkan bertolak ke Valencia pada 27 November untuk melakukan berbagai persiapan. Mereka akan bersaing dengan lebih dari 30 pebalap muda dari 18 negara lainnya.

Menurut Bamsoet, MiniGP adalah program ‘Road to MotoGP’ Dorna Sports. Ajang ini membuka kesempatan bagi bakat-bakat muda dari seluruh dunia untuk bersaing membangun kariernya secara berjenjang agar dapat masuk ekosistem balap MotoGP.

“Setelah dari FIM MiniGP World Series, para pebalap muda Indonesia tersebut bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP,” kata Bamsoet.

Dia juga mengungkapkan kesuksesan penyelenggaraan perdana FIM MiniGP Indonesia Series 2022 membuktikan komitmen IMI dalam membuka pintu gerbang bagi para pebalap muda Indonesia menuju pentas dunia.

Sekaligus bentuk keseriusan IMI dalam pembinaan berjenjang dengan arah yang jelas.

“Pada 2023 nanti, IMI bersama FIM dan Dorna Sport juga akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series 2023. Sehingga bisa memastikan pembinaan atlet balap muda tetap berjalan berkesinambungan, sekaligus meneguhkan posisi Indonesia sebagai bagian dari pusat industri dan olahraga balap motor dunia,” ujar Bamsoet.