Jelang G20, Korlantas Polri Luncurkan Mobil Komando Untuk Pantau Lalin


2022 – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan mobil komando jelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) G20 di Bali, November mendatang.

Mobil ini dibekali dengan perangkat canggih, untuk dijadikan pusat kendali informasi lalu lintas di seluruh Indonesia.

Kabag TIK Korlantas Polri , Kombes Made Agus menjelaskan, mobil ini dapat memantau CCTV yang ada di seluruh Indonesia. Agus melanjutkan, CCTV tersebut juga dilengkapi dengan TVU, sehingga mampu melakukan siaran langsung kepada masyarakat.

Misalnya, saat terjadi kemacetan di suatu wilayah. Pihak kepolisian dapat memantau dan memberikan informasi tersebut kepada masyarakat secara langsung.

“Mobil ini sudah terintegrasi dengan CCTV yang tergelar (terpasang) di seluruh Indonesia. Karena ini titik fokus pengamanannya di Bali maka titik-titik central pantauan arus lalu lintas di Bali kita bisa monitor,” kata Agus dalam dikutip dari , Selasa (11/10/2022).

Agus mengatakan, mobil komando ini akan diarahkan pada titik-titik lalu lintas yang tidak terjangkau dari pantauan. Hal tersebut dilakukan guna memonitor arus lalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran saat pengamanan G20 di Bali.

“Pimpinan kami juga akan memonitor sehingga keputusan yang kita ambil bisa tepat untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran, terutama saat pengamanan G20 di Bali,” kata Agus.

Agus berharap, mobil komando oleh Korlantas Polri ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Pimpinan Kepala Negara maupun masyarakat.

“Kami berharap dengan diluncurkannya Command Center Mobile oleh Korlantas Polri ini bisa membantu memberikan support terkait dengan kontribusi jangkauan titik yang tidak terjangkau,” kata dia.

Sebagai informasi, mobil yang digunakan sebagai mobil komando tersebut adalah Mercedes-Benz Sprinter. Ada dua varian yang tersedia dan dijual secara umum, yakni 315 CDI A2 dan 315 CDI A3. Adapun perbedaannya terletak pada dimensi dan kapasitas penumpang.