Karoseri Harus Berinovasi Buat Kebutuhan Konsumen


2022 – Perkembangan model bus di Indonesia saat ini terus berkembang. Pilihan model bodi pun semakin banyak, mulai dari single deck, bus tingkat, sampai kabin yang dilengkapi dengan bangku selonjor.

Oleh karena itu, setiap karoseri pembuat bodi bus harus terus berinovasi agar bisa mengikuti keinginan pasar. Seperti yang dilakukan Karoseri Tentrem di ajang Busworld 2022 beberapa hari lalu.

Pada pameran tersebut, karoseri asal Malang ini membawa dua bus jagoannya. Pertama ada Avante H9 Priority dengan kabin penuh bangku selonjor dan Velocity W5 bus listrik hasil kolaborasi dengan PT INKA.

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem mengatakan, permintaan bus dari pelanggan saat ini terus berkembang dan variasinya semakin banyak.

“Kalau zaman dulu kan bus gitu-gitu saja. Sekarang yang diminta fitur-fitur, sudah beda semua,” kata Yohan di Jakarta, belum lama ini.


Oleh karena itu, karoseri terus mengembangkan bagaimana pola produksi hingga cara dan peralatannya. Sehingga, bisa mengikuti berbagai permintaan, mulai dari bus listrik sampai custom interior yang super mewah.

“Seketika bus kota seperti ini, lalu ada yang listrik. Kita harus siap, harus cepat, kalau lambat sekarang akan ketinggalan,” kata Yohan.