Kenapa Saya Perlu Asuransi Jiwa?


2022 – Kenapa saya perlu asuransi jiwa? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas mengenai asuransi jiwa. Kami akan membahasnya dalam bentuk tanya jawab.

Rubrik Finansialku

Kenapa Saya Perlu Asuransi Jiwa?

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai asuransi jiwa. Jika Anda belum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu produk asuransi jiwa.

Apa itu asuransi jiwa?

Asuransi jiwa adalah program proteksi atau perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko (asuransi tradisional) ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Jika pada asuransi jiwa syariah bentuknya adalah membagi risiko (risk sharing).

Apa itu risiko ekonomis?

Risiko ekonomis adalah nilai ekonomis seseorang ketika orang tersebut bekerja dan menghasilkan pendapatan untuk keluarganya (dihitung dari usia produktif hingga usia non produktif). Contoh seorang ayah bekerja sebagai tulang punggung keluarga.

Jika terjadi sesuatu dengan ayah tersebut maka ada sejumlah pemasukan yang akan hilang. Pendapatan yang hilang itu dihitung dan bisa disebut nilai ekonomis.

Kenapa saya perlu asuransi jiwa?

Menjawab pertanyaan ini sebenarnya mudah. Kenapa saya perlu asuransi jiwa? Karena asuransi jiwa perlu kita miliki sebagai pelindung (bumper seperti di mobil) jika terjadi suatu musibah dengan orang yang mencari nafkah, keuangan keluarga tidak tergganggu.

Bagaimana bentuk asuransi Jiwa?

Apakah itu Rider dalam asuransi jiwa?

Apa itu premi?

Apa itu nilai tunai?

Apa itu uang pertanggungan?

Kenapa saya perlu asuransi jiwa: Apa saja yang ada di dalam polis asuransi jiwa?

Apakah asuransi jiwa menanggung semua risiko?

Apakah tertanggung dapat dialihkan ke pihak lain?

Siapa yang menerima manfaat asuransi?

Bagaimana kalau polis saya hilang?

Bagaimana jika polis saya hangus (lapse)?

Apakah premi yang telah saya setorkan sebelumnya dapat kembali, jika polis hangus?

Bagaimana proses pengajuan klaim?

“Kenapa Saya Perlu Asuransi Jiwa?” Dengarkan Kata Ahlinya!

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah mulai mendapatkan jawaban atau pencerahan mengenai asuransi jiwa?

Kalau belum, tenang, ini normal. Karena bicara soal asuransi terlebih asuransi jiwa, tentunya harus menggunakan pertimbangan dan mendapatkan informasi terkait secara lengkap dan mendalam.

Untuk memenuhi rasa penasaran tentang asuransi jiwa, Anda bisa mendengarkan penjelasan dan contoh kasus soal asuransi jiwa di Audiobook Finansialku tentang Asuransi Jiwa.

Selain itu, Anda juga punya kesempatan untuk mendengarkan ulasan produk asuransi jiwa langsung dari ahlinya, membantu Anda yang selama ini bingung ingin beli produk yang mana, bisa membuat keputusan yang bulat!

Jadi, mau beli produk asuransi jiwa yang mana?

Sumber