Komparasi Kenyamanan Kia Carens dengan Hyundai Stargazer


2022 – Pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia kini diramaikan dengan dua produk dari merek Korea Selatan, yakni Kia Carens dan Hyundai Stargazer .

Secara harga, Carens memang dipasang di rentang Rp 389 juta sampai Rp 449 juta dan menyasar kelas MPV. Sedangkan Stargazer, banderolnya mulai Rp 243,3 juta sampai Rp 307,1 juta dan bermain di kelas MPV murah.

Pada bahasan kali ini, redaksi Kompas Otomotif mau membandingkan sisi kenyamanan dari kedua mobil.

Pertama untuk Carens, secara spesifikasi, sektor kaki-kaki dilengkapi dengan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Multi Link di belakang.

Ketika dibawa mengemudi dalam kecepatan rendah, kaki-kaki Carens bisa meredam dengan baik berbagai model permukaan jalan. Sedangkan saat dibawa agak ngebut atau kecepatan tinggi, gejala body roll memang masih terasa walau tidak sampai mengganggu.

Selanjutnya untuk bouncing, memang suspensinya terasa agak memantul saat melewati polisi tidur yang cukup tinggi di kecepatan rendah. Namun, hal ini bisa disiasati dengan menyesuaikan kecepatan kendaraan.

Beralih ke Stargazer, mobil yang sudah diproduksi di Pabrik Hyundai di Cikarang dilengkapi dengan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle (CTBA) di belakang.


Nampaknya Hyundai sudah mengembangkan suspensi yang cocok dengan jalanan Indonesia. Ketika melewati jalanan yang bergelombang, suspensi bisa meredam dengan baik, walau memang masih bukan yang terbaik di kelasnya.

Begitu juga ketika dibawa di kecepatan tinggi terutama di tol, gejala body roll cukup minim. Kemudian, gejala bouncing juga cukup bisa teratasi, racikan suspensinya memang sudah baik.

Secara total, Carens dan Stargazer punya karakter kenyamanan yang tidak jauh berbeda. Tapi untuk Carens memang dibantu dengan pemakaian bahan yang lebih premium, jadi terasa lebih nyaman dibanding Stargazer.