Kompetisi Inovasi Energi Shell Eco-Marathon 2022 Digelar Di Sirkuit Mandalika, Diikuti 49 Tim


2022 – Sirkuit Mandalika dipilih menjadi tuan rumah Shell Eco-Marathon 2022. Kompetisi inovasi kendaraan hemat energi ini akan berlangsung di Sirkuit Mandalika , Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 11-15 Oktober 2022.

Ada 49 tim yang berlomba di Shell Eco-Marathon 2022. Para peserta hadir dari berbagai negara seperti India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Sementara 33 diantaranya berasal dari Indonesia .

Ingrid Siburian President Director and Country Chair Shell Indonesia mengungkapkan, Shell Eco-marathon telah menginspirasi generasi muda di Asia sejak 2010.

“Di 2022 Shell dengan bangga menyelenggarakan acara Shell Eco-marathon pertama kali di Indonesia , yang mempertemukan para mahasiswa, mitra bisnis, pelaku industri, pembuat kebijakan, untuk membantu mempromosikan inisiatif dan berkolaborasi lebih lanjut dalam mencari solusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan,” ungkapnya.

Di tahun ini, mayoritas peserta yang berkompetisi di kategori Urban Concept. mencapai 27 tim. Sementara 22 tim lainnya turun di kategori Prototype.

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi inovasi kendaraan hemat energi untuk pelajar dan mahasiswa. Shell Eco-marathon bertujuan untuk menembus batas-batas teknologi dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi ilmuwan dan teknisi terkemuka dalam solusi energi masa depan.

Tim yang bersaing akan menjelajahi sirkuit yang dibangun secara khusus di Lombok dengan kendaraan hemat energi mereka untuk melihat siapa yang dapat mencapai perjalanan terjauh dengan bahan bakar paling sedikit.

Program ini menyediakan sarana bagi tim sekolah menengah atas dan universitas untuk mengeksplorasi setiap aspek desain dan teknologi, menggunakan keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) untuk membuat mobil ultra-hemat energi mereka sendiri, dan kemudian membawanya ke lintasan dalam kompetisi.

Sementara untuk yang dikompetisikan, Urban Concept ialah lomba yang mengharuskan peserta untuk mendesain kendaraan konvensional roda empat hemat energi, sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat di daerah perkotaan.

Sedangkan Prototype ialah produk yang dibuat secara futuristik. Kategori ini mendorong tiap-tiap tim untuk memaksimalkan efisiensi sumber energi dengan memerhatikan aspek serta elemen inovatif dalam desain kendaraan.

Shell Eco-marathon adalah manifestasi dari strategi Powering Progress kami untuk menjadi bisnis dengan net-zero emissions (NZE) pada tahun 2050. Kami berkomitmen untuk menjadi mitra aktif dalam perjalanan transformasi energi Indonesia dan inisiatif ini menunjukkan komitmen tersebut.***