Lakukan, Sebelum Anda Keluar Dari Pekerjaan


2022 – Apa yang Anda lakukan sebelum Anda keluar dari pekerjaan? Jangan terburu-buru, kebawa emosi kemudian keuangan pribadi atau keuangan keluarga Anda menjadi berantakan. Finansialku.com akan berbagi hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda keluar dari pekerjaan.

Fundamental Perencanaan Keuangan

Sebelum masuk ke topik utama, Finansialku akan mengulas sedikit mengenai fundamental dari perencanaan keuangan. Berikut ini adalah gambar piramida siklus perencanaan keuangan. Hal yang paling penting alias fondasi dari piramida perencanaan keuangan adalah protection atau proteksi. Setelah itu baru masuk ke akumulasi dan distribusi.

Ketika Anda keluar dari pekerjaan, pastikan proteksi yang Anda punya (diluar perusahaan) mampu memproteksi Anda dan keluarga. Beberapa perusahaan memiliki progam pinjaman koperasi atau cicilan elektronik. Nah pastikan Anda dapat menyelesaikan kewajiban cicilan jika Anda masih memiliki kewajiban-kewajiban. Selain pinjaman koperasi terkadang perusahaan juga memberikan progam simpanan dengan bunga yang menarik. Nah pikirkan risiko jika Anda keluar dari perusahaan, apakah menjadi masalah atau tidak. Penjelasan lebih lanjut mengenai detil perencanaan keuangan sebelum Anda keluar dari pekerjaan akan dijelaskan berikut ini.

Perencanaan Keuangan, Sebelum Anda Keluar dari Pekerjaan

Setidaknya ada 5 hal yang mengenai perencanaan keuangan yang perlu Anda pikirkan sebelum Anda keluar dari Pekerjaan.

Dana Darurat

Hal yang pertama dan paling penting sebelum Anda keluar dari pekerjaan adalah dana darurat. Ada banyak hal yang memilih keluar dari perusahaan, misal permasalahan pribadi, kurang tantangan, pekerjaan terlalu berat, jenjang karir yang kurang jelas dan lainnya. Nah selanjutnya apakah mau bekerja di perusahaan lain atau buka usaha sendiri, seseorang harus memiliki dana darurat. Setidaknya Anda dapat hidup untuk beberapa tahun ke depan.

Proteksi

Tahapan kedua adalah proteksi. Selama Anda bekerja di perusahaan, Anda mendapat perlindungan dari perusahaan. Hal yang harus diperhatikan adalah, ketika Anda keluar dari pekerjaan apakah fasilitas proteksi tetap ada atau tidak. Jika Anda keluar dari perusahaan dan fasilitas proteksi dari perusahaan menjadi hilang, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mencari proteksi tambahan. Kebanyakan orang telat masuk asuransi, karena berasumsi perlindungan sudah cukup dari perusahaan. Padahal ada beberapa kasus seseorang keluar dari perusahaan, tidak memiliki perlindungan jiwa dan memiliki tanggungan keluarga.

Pendapatan

Pertimbangan berikutnya adalah arus kas dari segi pendapatan. Ketika Anda keluar dari pekerjaan, Anda harus memperhatikan darimana sumber pendapatan Anda berikutnya? Idealnya Anda mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha dan mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari sebelumnya.

Penghematan

Pertimbangan berikutnya masih dari arus kasi, segi pengeluaran. Pada dasarnya orang berusaha mempertahankan gaya hidup (lifestyle). Terkadang penghematan perlu dilakukan ketika seseorang memilih keluar dari pekerjaan.

Hari Tua

Ketika seseorang bekerja di perusahaan, biasanya akan mendapatkan jaminan dana hari tua. Beberapa progam dana hari tua (dana pensiun), seperti DPLK (dana pensiun lembaga keuangan) dan DPPK (dana pensiun pemberi kerja). Ketika Anda memutuskan keluar dari pekerjaan, apa yang terjadi dengan dana pensiun tersebut? Bagaimana keberlanjutan tabungan dana pensiun Anda berikutnya?

Rencana Keuangan

Setiap orang tentu memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Ketika Anda memilih keluar dari kerja, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana cara Anda memastikan rencana keuangan yang sudah Anda miliki tetap dapat berjalan dengan lancar. Jangan sampai keputusan Anda keluar, menyebabkan kegagalan dalam memenuhi tujuan-tujuan keuangan.

Kesimpulan

Sebelum Anda keluar dari pekerjaan, ada baiknya mempertimbangkan dan menyiapkan perencanaan keuangan untuk individu dan keluarga. Jangan sampai keputusan keluar dari pekerjaan bersifat emosional dan menjadi sumber masalah dan kehidupan berkeluarga.

Finansialku.com akan sangat senang untuk berdiskusi mengenai pertimbangan-pertimbangan sebelum Anda keluar dari pekerjaan.