Menkominfo dorong peran aktif ekosistem siaran televisi sukseskan ASO


2022 – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak ekosistem industri siaran televisi nasional mengambil bagian aktif dalam menyukseskan analog switch-off (ASO).

“Melakukan sosialisasi, menyiapkan perangkat infrastruktur, menyiapkan perangkat penerima untuk televisi masyarakat secara hulu dan hilir, perangkat-perangkat televisi di studio-studio digital, dan sumber daya manusia digital secara sungguh-sungguh agar ASO bisa berlangsung sukses,” ujarnya dalam Gala Dinner BNI Investor Daily Summit 2022 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10) malam, dikutip dari siaran resmi.

Menkominfo menyatakan ASO yang akan dimulai pada tanggal 2 November mendatang merupakan momen penting digitalisasi broadcasting Indonesia. Menurutnya, implementasi ASO memungkinkan multichannel dan pemanfaatan spektrum frekuensi.

“Saya berharap, dengan diberi kewenangan untuk mengatur MUX (multiplexing), mengatur kanal-kanal agar industri broadcasting kita menjadi industri multikanal, multiplatform, sehingga punya kemampuan daya saing yang lebih baik,” kata dia.

Menurut Johnny, untuk mewujudkan hal itu diperlukan keberpihakan terhadap industri dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha melakukan tata kelola spektrum frekuensi radio dengan baik.

“Melalui digitalisasi pertelevisian, pemanfaatan kanal-kanal melalui multiplexing bisa dikelola dengan baik dan secara adil, serta keseimbangan, agar pemanfaatan spektrum frekuensi untuk industri telekomunikasi termasuk untuk 4G dan 5G serta pemanfaatan spektrum untuk broadcasting bisa kita tata kelola dengan baik,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan dengan kolaborasi ekosistem saat gambaran gelap dan kesulitan melanda dunia akan memperkuat resiliensi Indonesia.

“Kolaborasi dari ekosistem termasuk dari dunia usaha. Indonesia memanggil kita sekalian untuk bahu membahu, saling memperkuat agar menghadapi tantangan dunia kita tetap kuat, optimis, dan bisa menjaga resiliensi,” kata Menkominfo.