Meski Start dari Posisi 10, Alex Rins Mampu Meraih Kemenangan di Depan Marc Marquez


2022 – Alex Rins , pembalap dari Suzuki berdiri di puncak podium usai mengakhiri balapan MotoGP seri Australia di Phillip Island Grand Prix Circuit, Phillip Island, Australia pada Minggu, 16 Oktober 2022.

Alex Rins untuk pertama kalinya menyumbangkan kemenangan bagi Suzuki di musim ini. Rins berhasil berdiri di puncak podium setelah melewati drama sengit di lap terakhir Grand Prix (GP) Australia.

Sedangkan, Marc Marquez berdiri di podium kedua setelah menekan pebalap Ducati, Francesco Bagnaia bersama Rins saat Bagnaia memimpin di lap terakhir.

Meskipun Bagnaia gagal mengamankan posisi dan poin penuhnya di GP Australia, ia berhasil mengamankan podium ketiga sekaligus merebut posisi puncak klasemen.

Pencapaian tersebut karena pesaing utamanya, Fabio Quartararo yang berasal dari tim Yamaha terjatuh dan gagal sampai di garis finis di GP Australia tersebut.

Sebelumnya, Quartararo start di posisi kedua, tetapi pebalap dari Yamaha itu kembali menemui masalah pada bannya. Masalah tersebut adalah masalah yang sama, yang pernah menimpanya di Thailand.

Sehingga, Quartararo kewalahan menemukan grip dan beberapa kali ia melebar saat berada di tikungan saat lap awal Phillip Island dimulai.

Di lap ketiga, kekhawatiran tim Yamaha menjadi kenyataan. Pembalap asal Prancis itu melakukan kesalahan saat pengereman dan membuatnya keluar lintasan saat menuju tikungan Miller. Hal itu yang membuat Quartararo terlempar ke posisi 22.

Drama perebutan gelar semakin panas dan menjadi-jadi, ketika Fabio Quartararo terjatuh saat ia melaju sendirian di posisi belakang.

Pembalap Yamaha itu kehilangan grip saat berada di tikungan dua dan membuat posisinya yang berada di puncak klasemen tergeser.

Quartararo menemui jalan berat di perburuan gelarnya kali ini, khususnya setelah jeda musim panas berlalu.

Kegagalan finis di GP Australia menambah daftar penampilan buruk sang pebalap Yamaha itu, ia hanya mengumpulkan delapan poin dari empat laga balapan terakhirnya.

Dengan hasil yang didapatkan di GP Australia itu, Bagnaia naik dan memegang puncak klasemen dengan 233 poin. Lebih unggul 14 poin dari Quartararo yang tergeser dari puncak klasemen.

Bagi Aprilia Aleix Espargaro, ia masih mempunyai peluang dalam drama perebutan gelar juara dunia setelah finis di posisi sembilan di GP Australia. Sekaligus menjaga posisinya di peringkat ketiga dengan perbedaan hanya 24 poin dari puncak.

Sementara itu, pembalap dari tim VR46, Marco Bezzecchi berhasil mengunci atau menetapkan gelarnya sebagai rookie terbaik tahun ini. Pebalap tim VR46 itu berhasil finis di posisi keempat di Australia.

Sedangkan, Jorge Martin juga harus puas dengan posisinya di Australia yang finis di posisi ketujuh, tepat berada di belakang adik tiri sang legenda MotoGP Valentino Rossi, Luca Marini dari VR46.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, akan ada dua kali lagi pertarungan dan drama untuk memperebutkan gelar juara dunia. Laga balapan akan dilanjutkan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada pekan depan.

Sebagai seri penutup pada 6 November mendatang, Valencia, Spanyol akan menjadi tempat akhir penentuan pemegang gelar juara dunia MotoGP 2022.***