Night at the Museum di Kehidupan Nyata, Ada di London


2022 – Traveler yang suka menonton film, tentu tak asing dengan film “Night at the Museum”. Di London, Inggris traveler bisa menjumpai museum-museum keren yang diantaranya buka hingga malam hari. Asyik, seperti berada di film tersebut, tapi tak ada kesan seramnya.

London memang salah satu kota yang sangat menghargai peninggalan budaya di masa lampau. Bukti-bukti peninggalan zaman dahulu itu disimpan rapi di beberapa museum. Biasanya, museum hanya buka saat pagi hingga sore hari. Beda dengan 5 museum ini. Pengunjung bisa mengunjungi museum hingga malam hari. Suasananya tentu berbeda. Seperti ini museumnya:

1. Sir John Soane’e Museum

Museum yang beralamatkan di 13 Lincoln’s Inn Fields London ini adalah bekas kediaman Sir John Soane, seorang arsitek dari Bank of England. Bangunan ini berubah fungsi menjadi museum yang memiliki banyak koleksi barang antik, lukisan, hingga sarkofagus.

Waktu berkunjung ke museum yang tiket masuknya gratis ini adalah hari Selasa hingga Sabtu, mulai pukul 10.00 sampai 17.00. namun pada hari Selasa pertama tiap awal bulan, museum buka mulai pukul 18.00 sampai pukul 21.00. Karena waktu berkunjung pada malam hari tidak setiap hari, pengunjung museum pun membludak.

2. Handel House Museum

Nama museum ini memang terilhami dari nama sang pemilik, George Frideric Handel. Beliau adalah musisi Inggris yang banyak menghasilkan karya seni. Terutama musik klasik. Rumahnya yang terletak di 25 Brook street, London ini beralih fungsi menjadi museum. Pengunjungnya pun rata-rata adalah penggemar musik klasik.

Pada hari selasa hingga Sabtu, museum buka pada pukul 10.00-18.00. Sedangkan pada hari Minggu, buka pada pukul 12.00-18.00. Khusus hari Kamis, Handel House Museum buka hingga pukul 20.00. Biaya masuknya sebesar 6,5 Euro atau sekitar Rp. 94.000 untuk pengunjung dewasa. Pengunjung anak-anak hanya dikenakan biaya masuk sebesar 2 Euro (sekitar Rp. 28.000).

3. British Museum

Kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi museum yang satu ini. Museum ini termasuk museum yang memiliki koleksi terlengkap di dunia. Aneka macam koleksi benda purbakala dari seluruh dunia dapat ditemukan di museum yang didirikan sejak tahun 1753 ini.

Benda-benda bersejarah koleksi museum antara lain pahatan Parthenon dan Mumi Mesir. Di bagian Court Restaurant sering diadakan pertunjukan. Asyiknya lagi, biaya masuk museum yang berada di Great Russell Street, London ini gratis. Sedangkan pada hari Jumat, traveler bisa masuk ke dalam museum hingga pukul 20.30 malam.

4. Natural History Museum

Nah, yang suka dengan Dinosaurus dan hewan-hewan raksasa seperti paus, museum yang satu ini wajib untuk disambangi. Natural History Museum di kawasan Cromwell Road, London ini mempunyai koleksi tulang dinosaurus sampai paus yang berukuran besar.

Salah satu koleksi andalan yang menjadi ikon dari museum adalah tulang Diplodocus yang dipajang di ruangan utama. Tiap hari Jumat terakhir pada akhir bulan, museum ini buka hingga pukul 22.30 malam waktu setempat. Sedangkan pada hari biasa, hanya buka pukul 10.00 sampai pukul 17.50. Kabar baiknya, tiket masuknya gratis. Lumayan, kan!

5. Design Museum

Terakhir, museum yang dapat dikunjungi saat malam hari adalah Design Museum. Letaknya berada di dekat Tower Bridge di Sungai Thames. berbeda dengan museum-museum diatas. Koleksi di dalam museum yang menawarkan inspirasi tentang dunia seni modern ini didominasi tentang arsitektur, furnitur, desain digital, hingga pertunjukan fashion.

Biasanya pada hari Jumat, museum buka hingga pukul 20.00. Traveler pun dapat menghadiri event-event keren yang sering diadakan di museum. Harga tiket masuk ke dalam museum yang berdiri di kawasan Bermondsey, London ini sebesar 12,40 Euro, atau sebesar Rp. 179 ribu untuk pengunjung dewasa. Untuk anak-anak, dikenakan tiket masuk sebesar 6,20 Euro (Rp. 89 ribu).

Traveling ke London, masukkan saja kelima museum diatas di dalam itinerary Anda. Dijamin asyik, deh. Belajar tentang sejarah, sekaligus menjelajah bangunan museum yang klasik.