Pemkab Yahukimo berkomitmen pertahankan opini WTP


2022 – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Yahukimo, Papua, berkomitmen mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI guna mewujudkan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.

Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram di Jayapura, Senin, mengatakan predikat opini WTP atas LKPD 2021 itu merupakan kali ketiga yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Yahukimo.

“Kami berkomitmen mempertahankan prestasi ini di tahun-tahun mendatang sehingga proses pemerintahan di daerah terutama untuk siklus keuangan daerah bisa berjalan dengan baik,” katanya usai menghadiri penyerahan opini WTP di Jayapura, Senin.

Menurut Esau, audit yang dilakukan oleh BPK RI kini bukan hanya terkait administrasi keuangan, tapi juga untuk kegiatan fisik, disiplin pegawai dan kinerja pemerintah daerah.

“Hal ini semua jadi catatan penting bagi kami untuk menjaga komitmen, namun tentunya dengan penghargaan ini, kedepannya proses pelayanan pemerintah kepada masyarakat berjalan semakin baik lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya menyampaikan terimakasih atas bimbingan dan masukan kepada pemerintah daerah setempat sehingga bisa mendapat penghargaan tersebut sehingga ini menjadi suatu langkah baik untuk mengawal pemerintahan.

“Memang banyak kendala yang kami hadapi sesuai situasi di daerah, tapi dengan bimbingan Pemkab Yahukimo mendapatkan WTP berturut-turut, sehingga berharap bisa pertahankan pada tahun-tahun berikut,” katanya.

Dia menambahkan dengan adanya penghargaan tersebut diharapkan dapat mendorong untuk makin meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Sebanyak 20 pemerintah daerah (Pemda) memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Papua, Senin (17/10).