Ribuan Warga Perancis Demo, Protes Harga Kebutuhan Pokok Melambung


2022 – Ribuan orang di Perancis menggelar demo atas kenaikan harga kebutuhan di Paris pada Minggu (16/10/2022).

Pemimpin partai kiri La France Insoumise Jean-Luc Melenchon mengikuti demo bersama pemenang Hadiah Nobel Sastra tahun ini, Annie Ernaux.

Dia turut menyerukan pemogokan umum untuk hari Selasa (18/10/2022), sebagaimana dilansir Reuters.

“Anda akan hidup seminggu tidak seperti yang lain, kita yang memulainya dengan aksi ini,” kata Melenchon kepada massa.

Melenchon mengikuti jejak empat serikat pekerja yang menyerukan pemogokan dan protes pada Selasa untuk menuntut kenaikan upah.

Keempat serikat pekerja tersebut juga menyerukan protes untuk membantu melindungi hak untuk mogok kerja .

Demo yang digelar pada Minggu mengikuti seruan dari koalisi sayap kiri di parlemen Serikat Masyarakat Ekologi dan Sosial Baru (NUPES).

Menteri Anggaran Perancis Gabriel Attal mengatakan, koalisi sayap kiri tersebut berusaha untuk mengeksploitasi situasi saat ini.

Hal itu, lanjut Attal, ditandai dengan pemogokan kerja yang sedang berlangsung di pembangkit listrik tenaga nuklir EDF dan di sejumlah kilang minyak Perancis.

“Demo hari ini adalah aksi pada pendukung yang ingin memblokir negara,” kata Attal di stasiun radio Prancis Europe 1.

Sebelumnya, pada pekerja kilang dan depot BBM Perancis di lima lokasi milik raksasa minyak TotalEnergies mengumumkan pada Sabtu (15/10/2022) memperpanjang pemogokan mereka.

Empat dari tujuh kilang minyak dan satu depot BBM TotalEnergies tidak beroperasi setelah anggota serikat pekerja yang mogok menolak tawaran upah dari pemimpin industri minyak.

Akan tetapi, operasional di dua kilang minyak yang dijalankan Esso-ExxonMobil akan kembali dilanjutkan awal pekan ini setelah para pekerjanya mencapai kesepakatan dengan manajemen.

Kendati demikian, aksi mogok yang telah berlangsung memaksa banyak SPBU tutup dan berdampak pada semua sektor ekonomi, sebagaimana dilansir France24.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-for-outstream’); });

window._jxosm = window._jxosm || []; window._jxosm.push({ unit: “1000008-iT3q5Ci4Ry”, selectors: [“.osmplaceonsite p:last”], fixedheight: 400, excludedheight: 100 });

Pemerintahan Presiden Perancis Emmanuel Macron mengeluarkan perintah yang memaksa beberapa para pekerja yang mogok untuk kembali membuka depot bahan bakar.

Perintah tersebut justru membuat marah serikat pekerja tetapi sejauh ini telah ditegakkan di pengadilan.