Rute “Tour de Siak” tahun 2022 diperluas hingga ke Pekanbaru


2022 – Rute balap sepeda “Tour de Siak” pada tahun ini akan diperluas dengan etape yang akan melalui Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dan akan digelar mulai 4 Desember mendatang.

“Tour de Siak, dua tahun vakum karena pandemi dan tahun ini akan dilaksanakan kembali dan diperluas rutenya. Pada tahun yang lalu-lalu cuma di Siak,” kata Bupati Siak, Alfedri di Siak, Selasa.

Dia merinci bahwa etape pada hari pertama adalah “Siak City Race” dengan balapan di Siak saja sekaligus pembukaan. Kemudian etape hari kedua dari Siak lewat Kabupaten Pelalawan menuju Kota Pekanbaru.

Selanjutnya pada etape ketiga yakni “Pekanbaru City Race” digelar di Pekanbaru sekaligus penutupan. Oleh karena itu, kata dia, event tersebut telah didukung Pemerintah Provinsi Riau melalui dinas pariwisata dan sudah dipersiapkan untuk 4 Desember mendatang.

Untuk etape kedua, dia melanjutkan, sebagian besar melalui jalan nasional. Jalan nasional yang dilewati adalah Kecamatan Kotogasib, Lubuk dalam, Kerinci kanan, sampai Simpang Lago Pelalawan lanjut ke Pekanbaru.

Tahun ini kata Bupati sudah ada program peningkatan jalan nasional dari Simpang Lago ke Siak.

Ia juga menyebutkan bahwa jalan Kabupaten Siak yakni dari Kota Siak ke Dayun sudah dianggarkan perbaikannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar dalam pidatonya saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak ke-23 juga sudah menyampaikan dukungannya untuk penyelenggaraan Balap Sepeda Tour de Siak. Acara yang sebelumnya digelar oleh Pemerintah Kabupaten Siak tahun ini diambil alih oleh Pemprov Riau dengan etape yang lebih meluas.

Event terseut biasanya diadakan di Kabupaten Siak melewati sejumlah kecamatan yang ada. Para peserta pada tahun-tahun sebelumnya berasal dari daerah, nasional hingga mancanegara.