SBY Sampaikan 2 Kabar Buruk, Singgung Perang Dunia Hingga Resesi Ekonomi Global


2022 – Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) sampaikan dua kabar buruk yang akan menimpa dunia.

“Ada 2 berita buruk saat ini tentang dunia kita,” kata SBY dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter, @SBYudhoyono pada 11 Oktober 2022.

Dua kabar buruk tersebut adalah resesi ekonomi global dan perang di Ukraina yang semakin membahayakan keamanan nasional.

“Kedua, perang di Ukraina makin membahayakan bagi keamanan internasional (ikuti perkembangan terkini di Ukraina ),” kata SBY .

SBY menyampaikan bahwa resesi ekonomi global akan memukul kehidupan semua bangsa yang saat ini sudah dalam keadaan susah.

Menurut SBY jika perang di Ukraina terus berlanjut dan semakin tidak terkendali maka perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa benar-benar terjadi.

“Jika perang di Ukraina makin “liar” & tidak terkendali, terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan,” kata SBY .

SBY juga menyampaikan bahwa situasi dunia akan semakin runyam jika geopolitik di Asia Timur yang sudah panas akhirnya menjadi konflik militer terbuka Tiongkok vs Taiwan dan pendukungnya termasuk Amerika Serikat.

Selain itu, SBY juga singgung penyelamatan bumi dan pemanasan global

“Jika keadaan makin tdk terkendali (goncangan ekonomi & keamanan global), sementara pandemi Covid-19 msh ada, penyelamatan bumi dari pemanasan global akan gagal krn dunia tdk lagi peduli & bukan prioritas,” katanya.

Jika semua hal itu terjadi dunia bisa mengalami triple crises yaitu krisis keamanan, ekonomi, dan lingkungan.

Di akhir cuitannya, SBY meminta kepada para pemimpin dunia termasuk PBB untuk segera bertindak secara nyata untuk menyelamatkan dunia.

“Wahai para pemimpin dunia, tmsk PBB, bertindaklah scr nyata (do something concretely) utk selamatkan dunia kita,” kata SBY .

Menurut SBY , Forum G-20 di Bali dapat menjadi forum untuk menyelamatkan dunia dan masing-masing pihak harus mau menurunkan ego.

“Gunakan Forum G-20 di Bali “to save our world, to save our planet”. Turunkan ego masing-masing. Negosiasi & perundingan adalah jawaban,” ujar SBY .***