Shell Eco Marathon Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika Tahun Depan, Bakal Diikuti Lebih dari 15 Negara


2022 – Shell memastikan kompetisi inovasi teknologi otomotif bertajuk Shell Eco-Marathon akan kembali digelar di Sirkuit Mandalika , Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) di tahun 2023.

Hal ini diungkapkan Global General Manager Shell Eco Marathon Norman Koch. Ia mengatakan, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah penyelenggaraan Shell Eco-Marathon untuk kawasan Asia Pasific selama dua tahun berturut.

“Saya dapat memberitahu rencana kami. Jadi kami berharap dari Eco Marathons yang kami lakukan sebelumnya, di Asia, kami mengharapkan akan ada antara 80 dan 100 tim tahun depan,” papar Norman saat ditemui di Sirkuit Mandalika , Jumat, 14 Oktober 2022.

Norman mengungkapkan, diprediksi jumlah peserta tahun depan akan lebih banyak. Tidak hanya itu negara yang berpartisipasi juga akan melebih tahun ini yang hanya 9 negara.

“Kami mengharapkan sekitar 15 negara. Jadi kami memiliki sembilan negara tahun ini. Saya akan mengatakan kita akan memiliki setidaknya 15 negara tauhn depan,” ungkapnya.

Dikatakan Norman, diharapkan peserta dapat lebih mempersiapkan inovasi dan mobil yang akan berpartisipasi tahun depan. Pasalnya, masih ada waktu bagi peserta untuk mengembangkan inovasi yang

“Kami merasa yakin bahwa tahun depan banyak tim akan dapat bekerja dengan biaya mereka karena itu adalah hal utama. Ini untuk tim, bukan tentang lima hari di Mandalika. Ini adalah proyek sepanjang tahun dari September hingga Juli, pengerjaan mobil untuk merancang, mencoba, menguji, membangun, mengirim,” ungkapnya.

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi inovasi kendaraan hemat energi untuk pelajar dan mahasiswa. Shell Eco-marathon bertujuan untuk menembus batas-batas teknologi dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi ilmuwan dan teknisi terkemuka dalam solusi energi masa depan.

Tim yang bersaing akan menjelajahi sirkuit yang dibangun secara khusus di Lombok dengan kendaraan hemat energi mereka untuk melihat siapa yang dapat mencapai perjalanan terjauh dengan bahan bakar paling sedikit.

Di tahun ini, 49 tim turut serta di Shell Eco Marathon 2022. Para peserta hadir dari berbagai negara seperti India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Sementara 33 diantaranya berasal dari Indonesia.

Di tahun ini, mayoritas peserta yang berkompetisi di kategori Urban Concept. mencapai 27 tim. Sementara 22 tim lainnya turun di kategori Prototype.***