Tampil Maksimal Di Jepang, Max Verstappen Rebut Gelar Juara Dunia F1 2022


2022 – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil meraih gelar juara dunia F1 2022 lebih cepat dari seharusnya.

Verstappen merebut titel juara dunia saat finish kesatu di balapan di F1 Jepang 2022 Sirkuit Suzuka pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Hasil tersebut sudah cukup untuk membuat Verstappen mengumpulkan 366 poin di F1 2022 yang tak bisa terkejar oleh para lawan-lawannya.

Ini menyebabkan Max Verstappen bisa menyelesaikan gelar juara dunia di F1 meskipun masih tersisa tiga balapan lagi. Hasil juara dunia kali ini menjadi titel kedua bagi pembalap asal Belanda tersebut.

Tetapi, sebelum mendapatkan gelar juara dunia, Max Verstappen harus menjalani pertarungan maksimal terlebih dahulu di Sirkuit Suzuka.

Balapan di Sirkuit Suzuka sempat ditunda karena hujan deras selama beberapa jam. Tetapi saat balapan dimulai kembali, Max Verstappen langsung menunjukan kebolehannya sebagai rain master.

Ia langsung membuat gap hingga 17 detik di depan, dikejar oleh Charles Leclerc (Ferrari) dan rekan setimnya Sergio Perez.

Dengan situasi seperti ini, harusnya Verstappen masih belum bisa juara dunia dan harus melanjutkan perebutan gelar di F1 AS.

Untungnya, Verstappen akhirnya bisa juara dunia karena kesalahan Leclerc memotong jalan di tikungan terakhir.

Akibatnya, ia pun mendapatkan penalti 5 detik, menempatkan Perez di posisi kedua, membuat poin Verstappen tak terkejar lagi.

“Sangat senang kita bisa menguasai balapan. Meskipun sangat sulit untuk membalap di sini dengan cuaca hujan. Mobil sangat kencang, dan sangat spesial melakukannya di depan para penggemar di Jepang ,” papar Verstappen dalam keterangan yang diterima Pikiran-Rakyat.com, Selasa, 11 Oktober 2022.

Verstappen mengucapkan terima kasih kepada semua yang berkontribusi atas kesuksesan yang diraih. “Titel kedua ini lebih indah dengan sepanjang musim yang kita lalui,” kata pembalap berusia 25 tahun ini.

Raihan ini disambut baik Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI). Ia mengatakan bahwa pencapaian Max Verstappen sebagai Juara Dunia F1 2022 sangat luar biasa.

“Melihat dominasi podium dan kemenangan 12 kali selama musim 2022 sangatlah pantas bagi Max Verstappen menyandang gelar Juara Dunia Formula 1 lagi untuk kedua kalinya. Apalagi didukung oleh tim yang solid dan profesional, serta dukungan penuh dari Mobil™ Lubricants,” ungkapnya.

Sepanjang musim F1 2022, Verstappen 14 kali naik podium dan 12 di antaranya adalah kemenangan.

Mulai dari Arab Saudi, Emilia Romagna, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, Prancis, Hungaria, Belgia, Belanda, Italia, kemudian Jepang . Padahal masih ada empat seri lagi yang harus diselesaikan, dan persaingan titel Runner Up Juara Dunia F1 kini akan berlanjut antara Perez dan Leclerc. Perez yang kini bertengger di posisi dua klasemen mengakui bahwa balapan kali ini sangat menegangkan dengan kondisi basah sepanjang lintasan.

“Sejauh ini sesuai harapan, dan kita harus tetap menjaga momentum hingga musim berakhir,” jelas pembalap asal Meksiko.***