Tour de Timau Turut Promosikan Wisata Pegunungan Timau NTT


2022 – Sebanyak 129 pebalap siap berpartisipasi dalam balap sepeda Tour de Timau di Pegunungan Timau , Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan digelar pada 23 Oktober 2022 .

Tour de Timau merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Konsultasi Nasional XV Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (Konas FK-PKB) Persatuan Gereja Indonesia (PGI) yang digelar selama tiga hari di Kota Kupang, yakni 20-23 Oktober 2022.

Gelaran tersebut juga diselenggarakan untuk mempromosikan potensi wisata di Pegunungan Timau.

“Potensi wisata yang ada di kawasan itu perlu didorong agar bisa lebih terkenal,” ujar Ketua Panitia Konas FK-PKB PGI XV sekaligus Ketua DPRD Provinsi NTT, Emilia J Nomleni dalam jumpa pers di Kantor Sinode GMIT, Kota Kupang, Selasa (18/10/2022) petang.

Para pebalap berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Sulawesi Utara, Bali, dan NTT.

Titik keberangkatan ada di Kaki Gunung Timau dan titik akhirnya di Bukit Humont Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. Panjang rute keseluruhan mencapai sekitar 12 kilometer.

Sepanjang perjalanan, para pebalap yang berparitisipasi akan disuguhkan pemandangan gunung yang indah dari berbagai sisi. Emi berharap, kegiatan akan tetap berjalan lancar meski diprediksi akan turun hujan.

Wakil Ketua Panitia Konas FK-PKB PGI XV, Alex Ena berharap, para peserta dapat menikmati keindahan alam di pegunungan Timau dan Amfoang, sebagai salah satu destinasi wisata andalan NTT.

Pemilihan lokasi juga sudah didasarkan survei tim Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), yang menyebut bahwa lokasi tersebut suatu saat berpotensi jadi lokasi balap sepeda terindah di dunia.

“Dan memang tempat itu sangat indah, sehingga siapapun yang ke sana, termasuk para pebalap akan terpesona dengan alam pegunungannya,” ujar Alex.

Nantinya, gelaran tersebut juga akan diramaikan dengan kegiatan lain, seperti parade budaya, parade kuda, serta tarian massal Bonet dan Natoni (Sapaan adat Suku Timor) massal.