Toyota Serahkan Ratusan Mobil Listrik Untuk G20 Termasuk BZ4X


2022 – Jakarta — PT Toyota Astra Motor (TAM) menyerahkan 143 mobil listrik untuk menunjang mobilitas partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Bali, 15—16 November 2022 kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), Rabu (19/10/2022).

Sebanyak 143 mobil listrik Toyota yang akan digunakan untuk KTT G20 di Bali terdiri dari 41 unit Toyota bZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e. (Foto: Toyota)

Menurut keterangan resmi TAM, 143 mobil listrik yang diserahkan tersebut terdiri dari 41 unit Toyota bZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM menyampaikan apresiasi atas kepercayaan pemerintah pada produk Toyota yang dipilih sebagai kendaraan resmi KTT G20.

“Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota bZ4X dan Lexus UX 300e diharapkan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era carbon neutrality pada 2060 mendatang,” katanya.

Seremoni penyerahan kendaraan tersebut dilakukan di Stadion Internasional Gelora Bung Karno, Jakarta Rabu (19/10/2022) kemarin dengan turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kanji.

Mobil Listrik Toyota bZ4X Hadir untuk G20 Setelah Ada Permintaan Kuat dari Pemerintah

Sebagai informasi, Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi pertama dari Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022. Mobil ini masih berbagi teknologi dengan Subaru Solterra.

Dijelaskan bahwa penggunaan mobil ini di KTT G20 terwujud setelah adanya permintaan kuat dari pemerintah Indonesia dan pengaturan ulang suplai global bersama prinsipal Toyota Motor Corporation. (Foto: Toyota)

Dijelaskan bahwa penggunaan mobil ini di KTT G20 terwujud setelah adanya permintaan kuat dari pemerintah Indonesia dan pengaturan ulang suplai global bersama prinsipal Toyota Motor Corporation.

Toyota bZ4X belum dijual di Indonesia, tapi sudah pernah dipamerkan pada GIIAS 2022 lalu.

Hal berbeda dengan model lainnya, Lexus UX 300e yang sudah dipasarkan dengan harga sekitar Rp1,4 miliar.

Mobil ini pertama kali meluncur di Indonesia pada November 2020 sebagai versi listrik dari sub kompak SUV Lexus.

Dalam keterangan resminya, Toyota juga menegaskan komitmen mendukung penuh pemerintah Indonesia mencapai carbon neutrality dengan menghadirkan produk-produk elektrifikasi.

Penulis: Mada PrastyaEditor: Dimas