Warriors rayakan cincin juara kemudian hancurkan Lakers 123-109


2022 – Para pemain Golden State Warriors merayakan penyerahan cincin juara NBA kemudian menghancurkan Los Angeles Lakers 123-109 dalam laga pembuka musim 2022-23 mereka di Chase Center, California, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Pemain Terbaik (MVP) Final NBA musim lalu, Stephen Curry, membuka musim ini dengan torehan 33 poin, tujuh assist, dan enam rebound, demikian catatan situs resmi NBA.

Andrew Wiggins, yang baru memperoleh perpanjangan kontrak empat tahun senilai 109 juta dolar AS, menambahkan 20 poin, enam rebound, dan empat assist.

Klay Thompson mencetak 18 poin sedangkan Jordan Poole melengkapi dengan 12 poin serta tujuh assist.

Di kubu Lakers sang mega bintang LeBron James mengawali musim ke-20 di NBA dengan performa meyakinkan lewat torehan dwiganda 31 poin dan 14 rebound disertai delapan assist.

Anthony Davis menambahkan 27 poin, Russell Westbrook mengemas dwiganda 19 poin dan 11 rebound, sedangkan Kendrick Nunn menyumbang 13 poin dari bangku cadangan.

Dari tujuh assist yang dibukukan Poole, satu di antaranya ia kirimkan untuk Draymond Green, seolah menandakan keduanya sudah betul-betul beranjak dari perselisihan baru-baru ini. Green melayangkan pukulan ke wajah Poole setelah keduanya terlibat cekcok dalam sesi latihan Warriors pada 5 Oktober lalu.

Lakers bukannya tanpa perlawanan, tapi sang juara bertahan seperti fokus betul memanfaatkan laga pembuka musim untuk membuktikan bahwa kemampuan di atas lapangan sebanding dengan status mereka sebagai tim NBA pembayar pajak kemewahan tertinggi musim ini.

Berbagai media Amerika Serikat mencatat bahwa Warriors kini memiliki pajak kemewahan sebesar 170,2 juta dolar AS (sekira Rp2,63 triliun), menyusul kesepakatan perpanjangan kontrak Poole dan Wiggins membuat tim itu kini punya anggaran pengeluaran sebesar 438 juta dolar AS (sekira Rp6,78 triliun) musim ini.

Pertandingan itu juga memperlihatkan pelatih kepala Steve Kerr masih membatasi menit bermain bagi Thompson dan Green, masing-masing hanya 19 menit dan 24 menit.

Nama pertama demi menghindari risiko berlebih sebab baru kembali melantai Januari lalu setelah 2,5 tahun menepi pascaoperasi lutut dan tendon Achilles, sedangkan nama kedua sempat absen dari tim karena insiden dengan Poole hingga Kamis.

Pertandingan kali ini juga menandai penampilan kembali center James Wiseman yang absen sepanjang musim lalu karena pemulihan pascaoperasi lutut. Rekrutan Warriors sebagai pilihan kedua Draft 2020 itu menutup laga kali ini dengan sumbangan delapan poin dan tujuh rebound.

Pada pertandingan selanjutnya Warriors akan kembali main di kandang menjamu Denver Nuggets pada Jumat (21/10) waktu setempat (Sabtu WIB), sehari setelah Lakers menjalani duel Los Angeles melawan Clippers.