Wow, Air Laut di Australia Ini Menyala Terang di Malam Hari


2022 – Pernah melihat air laut bercahaya? Nah laut di Autralia bisa melakukannya dan belum lama terjadi tepatnya pada Rabu, 20 Mei 2015 lalu. Fenomena yang sangat langka ini terjadi di Pulau Tasmania. Para traveler yang saat itu sedang berada di sekitar lokasi langsung mengabadikan momen langka ini. Lantas apa penyebab air laut ini bisa bercahaya?

Beberapa waktu lalu wisatawan yang sedang berada di pinggir pantai di Kota Hobart, ibukota Negara Bagian Tasmania dikejutkan dengan sinar terang yang berasal dari air laut. Fenomena langka ini dengan cepat menyebar dan membuat turis-turis lain berbondong-bondong datang penasaran ingin melihat sekaligus mengabadikannya. Tak sedikit dari mereka yang rela berada di pinggir pantai hingga larut malam hanya untuk menikmati keindahan air laut yang bercahaya tersebut.

Ternyata saat itu di pesisir pantai terdapat miliaran organisme sel tunggal bernama noctiluca scintillans yang muncul ke permukaan dan mengubah airnya menjadi bercahaya warna biru yang terang. Karena kemampuannya mengeluarkan cahaya dan membuat air laut menjadi terang maka plankton ini mendapat julukan sebagai “sea sparkles.”

Buat yang penasaran dengan fenomena langka ini kalian harus ekstra sabar menunggu. Pasalnya fenomena yang langka ini tidak selalu terjadi secara berkala bahkan terjadinya pun tidak bisa diprediksi. Mereka yang kebetulan mendapatinya adalah orang-orang yang beruntung, bagi yang belum tetap semangat menunggu. Jika dapat informasi tentang fenomena ini lagi jangan ditunda langsung saja meluncur ke lokasi dengan syarat Anda sedang berada di tempat yang dekat dengan TKP.